Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang / Wentri Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang / Wentri Kusumawati

Kusumawati, Wentri (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang / Wentri Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran NHT aktivitas belajar siswa. Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 12 Maret 2010 dengan guru Matematika SMPN 5 Malang kelas VIII D diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih pasif. Dari 37 siswa hanya 2 siswa saja yang bertanya sedangkan siswa yang lain hanya mendengarkan saja bahkan ada beberapa siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya dan tidak mendengarkan penjelasan guru dan pertanyaan temannya. Saat presentasi kelas sebanyak 16 siswa tidak mendengarkan teman yang presentasi kebanyakan berbicara dengan teman sebangkunya dan ada yang melamun sendiri bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran lain. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Malang dengan subjek siswa kelas VIII D yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D SMPN 5 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu 1) membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen kemampuan akademik dan jenis kelaminnya kemudian setiap kelompok diberikan nomor dada sesuai jumlah anggota kelompoknya sehingga setiap anggota kelompok mendapat nomor yang berbeda yang dipilih sesuai keinginan siswa dengan ketentuan nomor harus sama untuk pertemuan-pertemuan berikutnya(Numbering) 2) guru memberikan dua LKS pada setiap kelompok untuk mempermudah siswa dalam berdiskusi dan sebagai bahan peneliti untuk mengecek jawaban siswa pada tahap answering jika terdapat jawaban yang sama serta siswa diminta untuk membaca LKS tersebut terlebih dahulu untuk kemudian menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sebelum memulai mengerjakan LKS(Questioning) 3) lebih sering mengunjungi kelompok terutama siswa yang sering berbuat gaduh untuk menghindari siswa berbicara sendiri di luar materi pelajaran (Heads Together) 4) memilih siswa secara acak baik nomor maupun kelompoknya untuk memberikan jawaban atas tiap-tiap pertanyaan dalam LKS dan siswa dengan nomor yang sama diwajibkan untuk memberikan tanggapan (Answering). Pada penelitian ini aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yang hanya mencapai 43 25% atau 16 siswa yang aktif menjadi 81 08% atau 30 siswa aktif pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII D SMPN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15330

Actions (login required)

View Item View Item