Perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Batu anatara penggunaan pembelajaran pemecahan masalah dengan pembelajaran ekspositori / Ika Yulistina - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Batu anatara penggunaan pembelajaran pemecahan masalah dengan pembelajaran ekspositori / Ika Yulistina

Yulistina, Ika (2010) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Batu anatara penggunaan pembelajaran pemecahan masalah dengan pembelajaran ekspositori / Ika Yulistina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemecahan masalah ekspositori prestasi belajar Siswa SMAN 2 Batu mengalami kesulitan dalam menerapkan rumus perbandingan perbandingan trigonometri karena kebanyakan siswa menerapkan rumus itu tanpa mengetahui makna dari rumus tersebut. Guru matematika di SMAN 2 Batu di dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode ekspositori meskipun di RPPnya menggunakan metode STAD. Hal ini menyebabkan siswa kurang terlatih dalam mengklasifikasi suatu masalah menganilisis dan mengevaluasi sehingga pada saat siswa diberi soal mereka hanya dapat mengerjakan saja tetapi tidak dapat mengklasifikasi masalah tidak dapat menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tidak dapat dapat menganalis dan mengevaluasi apakah prosedur yang diterapkan dan hasil yang diperoleh benar. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMAN 2 Batu adalah menerapkan metode pembelajaran dengan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika antara siswa dengan pembelajaran pemecahan masalah lebih baik daripada ekspositori pada pokok bahasan trigonometri pada kelas X SMAN 2 Batu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 2 Batu tahun ajaran 2009/2010 dan sampelnya adalah 78 yang terbagi 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling sehingga terpilih kelas x-1 sebagai kelas kontrol dan kelas x-3 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori dan kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan pemecahan masalah. Kedua kelas diberikan postes dengan soal yang sama setelah perlakuan berakhir. Hasil penelitian eksperimen ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai postes rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen adalah 86 421 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 74 600. Rata-rata nilai postes dari kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item