Peningkatan prestasi belajar keliling dan luas persegi panjang dan persegi degan pendekatan open-ended pada siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang / Hendrik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar keliling dan luas persegi panjang dan persegi degan pendekatan open-ended pada siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang / Hendrik

Hendrik (2010) Peningkatan prestasi belajar keliling dan luas persegi panjang dan persegi degan pendekatan open-ended pada siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang / Hendrik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Prestasi Belajar Persegi Panjang dan Persegi Pendekatan Open-ended Berdasarkan hasil observasi peneliti pada bulan Februari 2010 diketahui bahwa selama proses pembelajaran matematika di kelas VII B SMP Wahid Hasyim Malang siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Mereka hanya mendengar dan mancatat materi yang disampaikan oleh guru. Guru matematika di SMP Wahid Hasyim Malang masih tetap menerapkan metode pembelajaran konvensional untuk materi persegi panjang dan persegi. Mereka belum menemukan suatu metode yang tepat sampai saat ini untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang umum terjadi pada siswa. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMP Wahid Hasyim Malang untuk materi persegi panjang dan persegi adalah menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan Open-ended. Pada soal Open-ended tidak terlalu berorientasi pada jawaban akhir melainkan diorientasikan pada bagaimana memperoleh jawabannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan Open-ended sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar keliling dan luas persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII B SMP Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2009/2010. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan memberikan masalah mengeksplorasi masalah merekam respon yang diharapkan dari siswa pembahasan respon siswa dan kemudian diakhiri dengan meringkas apa yang telah dipelajari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus belajar. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Wahid Hasyim Malang tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I presentase banyak siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan persegi panjang adalah 43 75% artinya pembelajaran belum berhasil karena belum mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II presentase banyak siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan persegi adalah 100% artinya bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-ended pada siklus II berhasil atau terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang masuk dalam kategori Baik pada siklus I maupun siklus II serta hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan Open-ended.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15320

Actions (login required)

View Item View Item