Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan teorema Pythagoras / Sukirno - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan teorema Pythagoras / Sukirno

Sukirno (2010) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan teorema Pythagoras / Sukirno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Pembelajaran Kontekstual Teorema Pythagoras Berdasarkan pengamatan peneliti selama mengajar di kelas VIII pada bulan Juli sampai Nopember siswa kelas VIII kesulitan memahami matematika khususnya materi persamaan garis lurus. Pembelajaran pada materi ini dilakukan dengan model konvensional. Dari hasil ulangan materi persamaan garis lurus nilai rata-rata kelas VIII ini rendah yaitu 5 8 sedangkan KKM nya 6 5. Berdasarkan temuan permasalahan tersebut direncanakan suatu tinadakan berupa pengembangan model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan terebut.model pembelajaran yang dmaksud adalah model pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan model pembelajaran kontekstual peningkatan hasil belajar Teorema Pythgoras siswa kelas VIII. Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran model pembelajaran kontekstual Teorema Pythagoras. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2009 dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP 2 Purwodadi Kabupaten Pasuruan tempat penekiti bertugas selama ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penerapan model pembelajaran kontekstual dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi Teorema Pythgoras. Hasil peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran Teorema Pythaoras model pembelajaran kontekstual telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan be lajar. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai tes dan ketuntasan klasikal pada akhir siklus II berturut-turut 7 5 dan 94 3%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata tes 7 3 dan ketuntasan klasikal 88 6%. Respon siswa terhadap pembelajaran Teorema Pythagoras model pembelajaran kontekstual adalah positif. Siswa senang dan antusias belajar terutama dengan alat peraga yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item View Item