Diagnosis kesulitan siswa kelas Ia dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial di SLTP Negeri I Sukomoro Nganjuk oleh Endah Sugiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan siswa kelas Ia dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial di SLTP Negeri I Sukomoro Nganjuk oleh Endah Sugiyanti

Sugiyanti, Endah (2010) Diagnosis kesulitan siswa kelas Ia dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial di SLTP Negeri I Sukomoro Nganjuk oleh Endah Sugiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Soal ceritamenrpakan alah satu model soal yang diberikan kepada siswa mulai dai perdidikm dasars ampajio jang pandidikany arg lebih tinggi t fapi masih sajad ijumpai kesalahan-kesalahadna lam mengojakan soal cerita. Hal tersebutd isebabkank arenab eberapap enyebaba ntaral ain faktor internal dan faklor eksternal fakior internal berasd dari siswa sstdiri misalnya kesulitan belajar s d ngkan f ktor eksternala ntaral ain dari saranad an prasaranay ang kurangm anadai dan penyampaianm ateri oleh gunr yang kurang tepat. Dari hasil wawancarap eneliti dmgar salahs eorangg uru bidang studi matematikak elas IA di SLTP Negeri I Sukomoro Nganjuk menyaakan bahwa nnsih banyak siswa yang mangalamik esulitand alarn menyelesaikans oat csita aritnafika sosial. Pendekatany ang digrmakanp adap enelitian ini adalahp endekatan kualitatifdanjenis porelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pada penditim ini kehadiran peneliti dilapangan dengan seijin guru bi ng tudi mat mafika kelas IA dan ftspal sekolah. Penelitiar ini dilakukan irntuk mengetahupr enyebabk esrlitan siswad almr menyelesaikans oal writa aritmatika sosial serta untuk menenfukan alternatif yang dapat dilakukan unfuk membantu rrr ngnlsski esulitar siswaterse rut.P engurnpuland tra dilakt sn melalui tes tstulis dan war ancara. Wawancara dilakukan dengan 3 siswa sebagai subyek penelitian yang diambil budasarkanjawaban tertulis siswa dalam menjawab tes diagnostik. Dari hasil jawabant ertulis siswad an dai hasil wawanc.a dai teinukan kesalahankesalahans iswad alam menyelesaikans oal ceria ariftnafika socialy raitu ( l) kesalahanm e ngarfikank alimat (2) kesalahanm emaharnki onsep (3) kesalahanm elakukank omputasi. Faktor-faktor yang menyebabkans iswa mengalanri kesulitan tersebuf adalah (I ) siswa tidak dryat usrelaah nrakna katimatdalan soal (2) siswa tidak mengatiapayangdibe4 (3) sis acandaurg berpikir prosedural dan (4) kurangnya latihan soal pada siswa. Dengan memperhatikank esulitan-kesulitand arl faktor-faktor penyebabk esulitan siswa dap dita ukan alternatif rmtuk mernba tu siswa yang mengalami kesllitan tqrebut yaitu (1 ) siswa dianjurkan untuk mernbrca dengan cermat soal cerita dan memberikanm akna secarakeselunrhar ( 2) penyampaiank onsepo leh guru kepada siswa diawali dalam bentuk konkret dan (3) rmtuk menambah ketrampilan siswa dalam kmputmi diberikan ltrihal-latihan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item