Evaluasi potensi daya tarik untuk prioritas pengembangan wisata air terjun di Kabupaten Nganjuk / Fahrur Rozi Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi potensi daya tarik untuk prioritas pengembangan wisata air terjun di Kabupaten Nganjuk / Fahrur Rozi Zuhri

Zuhri, Fahrur Rozi (2019) Evaluasi potensi daya tarik untuk prioritas pengembangan wisata air terjun di Kabupaten Nganjuk / Fahrur Rozi Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuhri Fahrur Rozi. 2019. Evaluasi Poternsi Daya Tarik Untuk Prioritas Pengembangan Wisata Air Terjun Di Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si (II) Nailul Insani S.Pd M.Sc. Kata Kunci potensi air terjun daya tarik Karakteristik air terjun yang sangat berbeda antara satu dengan air terjun lain untuk menentukan objek wisata mana yang dapat dikembangkan menjadi sebuah daerah tujuan wisata yang baik atau sebagai saran dalam pengembangan wisata yang belum memaksimalkan daya tarik wisata yang ada diperlukan suatu analisis mengenai potensi masing-masing objek wisata. Penilaian potensi objek wisata tersebut dilakukan menggunakan Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) yang dikeluarkan oleh Dirtjen PHKA tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Air Terjun Singokromo Air Terjun Roro Kuning Air Terjun Gedangan dan Air Terjun Sedudo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah scoring dengan memberikan skor pada masing-masing variabel penelitian. Variabel yang dinilai dalam penelitian ini adalah daya tarik wisata sarana dan prasarana aksesibilitas kondisi sekitar kawasan akomodasi pengelolaan dan pelayanan serta ketersediaan air bersih. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik daya tarik wisata alam Air Terjun Sedudo berdasarkan tingkat kelayakan termasuk pada layak dengan indeks kelayakan 82 6% dan total skor 3800. Hal ini berarti objek wisata Air Terjun Sedudo sangat berpotensi dan layak untuk dikembangkan. Pada wisata Air Terjun Roro Kuning berdasarkan tingkat kelayakan termasuk pada layak dengan indeks kelayakan 80 76% dan total skor 3715. Hal ini berarti objek wisata Air Terjun Roro Kuning sangat berpotensi dan layak untuk dikembangkan. Pada wisata Air Terjun Singokromo karakteristik daya tarik berdasarkan tingkat kelayakan termasuk pada kriteria layak dengan indeks kelayakan 75 1% dan total skor 3455 artinya potensial dikembangkan. Meskipun dikategorikan potensial dikembangkan namun nilai indeks kelayakannya lebih rendah sehigga belum terlalu diprioritaskan. Pada wisata Air Terjun Gedangan karakteristik daya tarik berdasarkan tingkat kelayakan termasuk pada kriteria layak dengan indeks kelayakan 68 15% dan total skor 3155 artinya potensial dikembangkan. Meskipun dikategorikan potensial dikembangkan namun nilai indeks kelayakan lebih rendah sehigga belum terlalu diprioritaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152928

Actions (login required)

View Item View Item