pemetaan lokasi objek wisata di kabupaten probolinggo berbasis webmap menggunakan software quantum gis / ariq adnan - Repositori Universitas Negeri Malang

pemetaan lokasi objek wisata di kabupaten probolinggo berbasis webmap menggunakan software quantum gis / ariq adnan

Adnan, Ariq Adnan (2021) pemetaan lokasi objek wisata di kabupaten probolinggo berbasis webmap menggunakan software quantum gis / ariq adnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Probolinggo memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara seperti Gunung Bromo Air Terjun Madakaripura Songa Rafting dan lain-lain. Selain beberapa objek wisata tersebut masih terdapat banyak objek wisata di Kabupaten Probolinggo yang juga memiliki potensi. Total terdapat 24 titik lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo menurut data dari Dinas Pariwisata. Beberapa lokasi objek wisata tersebut kurang dikenal masyarakat luas karena kurangnya sarana untuk mempromosikan objek wisata di Kabupaten Probolinggo. Kurangnya media informasi mengenai letak objek wisata yang ingin dituju menyebabkan perlunya sebuah Sistem Informasi Geografis yang mudah diakses serta dapat mendukung kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian dan pengembangan dari ldquo Pemetaan Lokasi Objek Wisata di Kabupaten Probolinggo Berbasis Webmap Menggunakan Software Quantum GIS rdquo adalah menampilkan peta lokasi objek wisata di Kabupaten Probolinggo berbasis Webmap dan menyajikan informasi yang ada pada lokasi objek wisata di Kabupaten Probolinggo berbasis Webmap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan model Waterfall. Produk Webmap juga dilakukan uji coba untuk mengukur tingkat keefektifan media yang telah dikembangkan. Pengumpulan data berasal dari wawancara observasi lapangan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dapat diambil dengan cara kuantitatif yang berasal dari hasil uji validasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang berupa Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis Webmap. Webmap dapat menampilkan peta sebaran lokasi objek wisata di Kabupaten Probolinggo beserta informasi didalamnya. Informasi yang disajikan adalah daya tarik yang ada pada objek wisata fasilitas aksesbilitas jumlah pengunjung dan tingkat prioritas objek wisata. Hasil uji coba produk Webmap dikategorikan sangat valid baik uji validasi secara fungsional non fungsional dan uji coba pengguna. Terdapat revisi kecil yaitu warna peta dibuat sewarna tidak perlu diberi jaringan jalan foto objek wisata tidak hanya satu namun juga cantumkan foto aksesbilitas atau fasilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152884

Actions (login required)

View Item View Item