Pengalaman pariwisata dan bahaya bencana di wisata paralayang kota batu / Alfan Khoir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengalaman pariwisata dan bahaya bencana di wisata paralayang kota batu / Alfan Khoir

Khoir, Alfan Khoir (0000) Pengalaman pariwisata dan bahaya bencana di wisata paralayang kota batu / Alfan Khoir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengalaman pariwisata merupakan perspektif individu pengunjung terhadap tempat yang dikunjunginya. Pengalaman pariwisata meliputi beberapa aspek yaitu prakunjungan saat kunjungan dan pascakunjungan. Sedangkan bahaya bencana memiliki makna suatu fenomena yang berpotensi menyebabkan korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pengalaman pariwisata dan bahaya bencana di Wisata Paralayang Kota Batu dimulai dari informasi awal pengunjung tentang tempat wisata yang akan dikunjunginya penilaian pengunjung saat berada di tempat wisata kesimpulan pengunjung setelah berkunjung kemiringan lereng ketinggian tempat gangguan binatang liar kriminal dan pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penggunaan metode merujuk pada kuesioner dan wawancara dengan variabel penelitian yaitu pengalaman pariwisata dan subjek penelitianya ialah pengunjung Wisata Paralayang Kota Batu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 pengunjung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel apabila dipandang mewakili/representatif. Intrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari kuesioner terbuka dan tertutup pada sebagian instrumen tersebut terdapat pilihan yang memiliki skor berdasarkan skala likert masing-masing jawaban dari responden akan diolah sedemikian rupa untuk mendapat klasifikasi pengalaman pariwisata di Wisata Paralayang Kota Batu. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengalaman pariwisata di Wisata Paralayang Kota Batu memiliki rata-rata nilai 2462 yang masuk dalam kategori baik dengan skor 3 dengan tingkat kepuasan sebesar 71%. Indikator pengalaman pariwisata yang memiliki jumlah skor tertinggi yaitu indikator akomodasi sedangkan indikator pengetahuan menjadi yang terendah. Informasi awal yang didapatkan pengunjung tentang Wisata Paralayang mayoritas melalui rekomendasi teman. Dan sebanyak 90% pengunjung memiliki rasa keinginan untuk kembali lagi ke Wisata Paralayang. Selain itu dari data penelitian menunjukkan Wisata Paralayang memiliki potensi bencana tanah longsor angin puting beliung prtir dan pohon tumbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152879

Actions (login required)

View Item View Item