Analisis mutu pelayanan poli umum berdasarkan perspektif pasien puskesmas Mulyorejo kota Malang / Eranio Ramadansa Berlian - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis mutu pelayanan poli umum berdasarkan perspektif pasien puskesmas Mulyorejo kota Malang / Eranio Ramadansa Berlian

Berlian, Eranio Ramadansa Berlian (2020) Analisis mutu pelayanan poli umum berdasarkan perspektif pasien puskesmas Mulyorejo kota Malang / Eranio Ramadansa Berlian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puskesmas Mulyorejo adalah salah satu dari 15 puskesmas yang terdapat di Kota Malang. Menurut data dari Profil Kesehatan Kota Malang pada tahun 2017 jumlah kunjungan pada pasien rawat jalan di Puskesmas Mulyorejo sebanyak 28.462 jiwa dan meningkat pada tahun 2018 menjadi 43.101 jiwa. Sedangkan berdasarkan data sekunder yang telah didapatkan pada bulan Januari hingga September 2019 jumlah pasien yang berkunjung ke poli umum Puskesmas Mulyorejo bervariasi namun cenderung menurun. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam upaya pelayanan kesehatan salah satunya adalah kualitas mutu pelayanan yang berdampak pada baik buruknya persepsi masyarakat terhadap suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu pengukuran mutu pelayanan kesehatan perlu dilakukan sejalan dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Mulyorejo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan informasi didapatkan melalui angka-angka yang digunakan untuk menemukan keterangan mengenai apa yang diketahui. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien poli umum Puskesmas Mulyorejo. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 70 orangditentukan dengan menggunakan teknik insidental sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan mutu pelayanan kesehatan berdasarkan persepsi pasien poli umum pada aspek Komunikasi dengan Dokter dalam kategorisangat baik pada aspek Komunikasi dengan Perawat dalam kategori baik pada aspek Sikap yang Responsif dalam kategori baik pada aspek Kenyamanan Fisik dalam kategori sangat baik pada aspek Kontrol Rasa Nyeri dalam kategori baik pada aspek Komunikasi Tentang Obat dalam kategori baik pada aspek Informasi Kepulangan dalam kategori baik.Hasil akhir nilai rata-rata pada mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Mulyorejo berdasarkan persepsi pasien poli umum Puskesmas Mulyorejo Kota Malang adalah 3 93 dengan kriteria abjad B yang bermakna bahwa kualitas mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Mulyorejo sudah baik. Adapun saran yang dapat diberikan adalah diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sama untuk unit yang berbeda seperti rawat inap atau poliklinik lain pada unit rawat jalan sehingga dapat diketahui persepsi pasien pada pelayanan masing-masing unit tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152870

Actions (login required)

View Item View Item