Strategi pembelajaran transformasi pada siswa kelas tiga sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran transformasi pada siswa kelas tiga sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Arifin

Arifin (2010) Strategi pembelajaran transformasi pada siswa kelas tiga sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) untuk tingkat SMA memiliki beberapa cakupan dalam kemampuan bersastra yang salah satunya adalah memerankan dialog dan action tokoh dalam naskah drama. Hal ini memiliki arti bahwa naskah drama tidak hanya disikapi sebagai karya naskah baca saja tetapi seharusnya juga disikapi sebagai karya pentas. Dalam praktik pembelajarannya guru lebih sering menyikapinya sebagai karya naskah baca saja. Berdasarkan kesenjangan itulah diadakan penelitian tentang kemampuan dialog dan action siswa dalam naskah drama. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada lakon dan pemain saja. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk memperoleh deskripsi secara objektif tentang (1) kemampuan dialog drama siswa pada aspek intonasi (2) kemampuan dialog drama siswa pada aspek artikulasi (3) kemampuan dialog drama siswa pada aspek gesture dan (4) kemampuan dialog drama siswa pada aspek business. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 2 Malang tahun 2007 yang berjumlah 11 siswa. Dengan metode deskriptif eksploratif diperoleh data tentang (1) kemampuan dialog drama siswa pada aspek intonasi (2) kemampuan dialog drama siswa pada aspek artikulasi (3) kemampuan dialog drama siswa pada aspek gesture dan (4) kemampuan dialog drama siswa pada aspek business. Adapun teknik penelitian ini terbagi menjadi (1) tahap pengumpulan data (2) teknik analisis data dan (3) norma/kualifikasi. Kualifikasi dan norma penelitian ini dikategorikan mulai dari tingkatan kurang sekali kurang cukup baik baik sekali hingga tingkat istimewa. Pembahasan dari kemampuan dialog dan action drama siswa ini meliputi 4 aspek yaitu aspek intonasi aspek artikulasi aspek gesture dan aspek business. Hasil dari pembahasan tersebut terperinci dalam bentuk persentase yang selanjutnya menjadi deskripsi kemampuan menurut kualifikasi. Hasil kemampuan dialog dan action drama siswa untuk kualifikasi istimewa antara lain 18 2% untuk aspek intonasi 27 3% untuk aspek artikulasi 27 3% untuk aspek gesture dan 0% untuk aspek business. Hasil kemampuan dialog dan action drama siswa untuk kualifikasi baik sekali antara lain 27 3% untuk aspek intonasi 9 1% untuk aspek artikulasi 9 1% untuk aspek gesture dan 45 4% untuk aspek business. Hasil kemampuan dialog dan action drama siswa untuk kualifikasi baik antara lain 36 3% untuk aspek intonasi 45 4% untuk aspek artikulasi 45 4% untuk aspek gesture dan 54 6% untuk aspek business. Hasil kemampuan dialog dan action drama siswa untuk kualifikasi cukup antara lain 18 2% untuk aspek intonasi 18 2% untuk aspek artikulasi 18 2% untuk aspek gesture dan 0% untuk aspek business. Berdasarkan keempat aspek kemampuan dari dialog dan action drama diperoleh rata-rata kualifikasi sebagai berikut. Untuk kualifikasi istimewa diperoleh rata-rata 18 2%. Untuk kualifikasi baik sekali diperoleh rata-rata 22 7%. Untuk kualifikasi baik diperoleh rata-rata 45 4%. Untuk kualifikasi cukup diperoleh rata-rata 13 6%. Penelitian ini diharapkan (1) guru Bahasa Indonesia mampu mengubah pola pikirnya terhadap cara dan teknik dalam memberikan materi pembelajaran khususnya drama dengan membuat variasi pengajarannya selain itu mampu menyikapi naskah drama sebagai karya yang bisadipentaskan (2) adanya penelitian lanjutan dari peneliti lain dengan tujuan untuk lebih menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item