Pengembangan bahan ajar aljabar untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertma (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Nurul Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar aljabar untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertma (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Nurul Rakhmawati

Rakhmawati, Nurul (2010) Pengembangan bahan ajar aljabar untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertma (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Nurul Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saati ni prestasbi elaiars isrvam asihb elum memenuhih arapanr v alaupun telah banyak dilakukan usaha dalam rangka peningka n prestasi belajarnya. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini salah satunyaadalah belum adanya bahan ajar yang dapat membangun konsep siswa. Bahan ajar yang ada saat ini hanya mernberikan konsep dan contoh sehingga siswa akan sulit untuk menyelesaikanp ermasalahanb aru atau berbeda. Dalam rangkam engatasim asalaht ersebut p enulis mengembangkanb ahan ajar Matematika dengan pokok bahasan Aljabar untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertarna(S LTP)k elas3 berbasisk onstruktivisrneD. enganb ahana iar ini diharapkan dapat rnernbimbing siswa dalarn membangun konsep sehingga siswa terarnpil untuk rnenyelesaikanp ennasalahany ang baru. Dalam pengembanganb ahan ajar ini dilakukan empat langkah pokok yaitu tahap analisiss ituasia wal tahap pengembanganr ancanganb ahan ajar tahap penulisan bahan ajar dan tahap penilaian bahan ajar. Kegiatan dalarn tahap analisis situasi arval adalah analisis kebutuhan dan kajian GBPP. Dari analisis situasi awal ini ditetapkan pokok bahasan yang dikernbangkan adalah Aljabar dengans ub pokok bahasanU rutan PengoperasianA ljabar Penjumlahand an PenguranganS uku Sejenis P erkalian Suku Dua Pernfaktoran s erta MenyelesaikanP ersamaanL inier dan Kuadrat.S edangkank egiatand alatnt ahap pengembanganra ncanganb ahan ajar adalahp enetapans asarank egiatan penetapanis i pembelajaranp engembangank egiatanp embelajaran.d an penetapan alokasi waktu pembelajaranD. ari kegiatan ini dihasilkan rancanganb ahan ajar sebagai pedoman dalarn penulisan bahan aiar. Setelah melakukan pengernbangan rancanganb ahana jar p enulism enulisb aharia jar yangt erdiri dari buku siswad an buku guru.B ahana iar yangt elah disusuni ni dikonsultasikank epadap ernbirnbing dand irevisib erdasarkasna rand an rnasukand ari pernbirnbingS. elanjutnyab ahan ajary angt elahd irevisii ni dinilai oleh ahli PendidikanM aternatikay aitr g uru bidang studi Matematika SLTP kelas 3. Data yangd iperolehd ari ahli PendidikanM aternatikar nerupakand ata kualitatif yang berupa saran dan komentar. Data ini diperoleh dengan menggunakarar ngket.D engan mempertimbangkans arand an kornentard ari ahii Pendidikan Maternatika penulis rnelakukan revisi dalam rangka penyempurnaan bahan a1ar. Penulism engharapkana gar bahan ajar ini dapat digr rnakang uru dan siswa dalam prosesb elaiar rnengajar d isel larluaskanp enggunaannl ad i SLTP dan dikembangkanle bih lanjut untuk pokok bahasany angl ain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15279

Actions (login required)

View Item View Item