Pengembangan bahan ajar pecahan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Lely Pancaratna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pecahan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Lely Pancaratna

Pancaratna, Lely (2010) Pengembangan bahan ajar pecahan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berbasis konstruktivisme oleh Lely Pancaratna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha untuk meningkatkan prestasi siswa telah banyak dilakukan tetapi hasilnya memang masih belum memuaskan. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini salah safunya adalah belum adanya bahan ajar yang rnampu membangun konsep siswa sehingga siswa mampu memecahkan setiap masalah yang mereka hadapi. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut penulis mengembangkan bahan ajar matematika dengan pokok bahasan pecahan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) kelas I berbasis konstuktivisme. Dengan bahan ajar ini diharap-kan siswa bisa membangun konsep sehingga siswa menjadi mampu dan terampil dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya serta menjadikan konsep yang mereka terima melekat pada ingatan dalam jangka waklu yang lama. Dalam pengembangan bahan ajar ini dilakukan tiga langkah pokok yaitu tahap analisis situasi awal tahap pengembangan bahan ajar dan tahap penuhsan bahan ajar. Kegiatan yang dilakukan pada tahap analisis situasi awal adalah analisis kebutuhan dengan melakukan kajian GBPP. Dari tahapan ini ditetapkan pokok bahasan yang dikembangkan adalah pecahan dengan sub pokok bahasan Pecahan dan Lambangnya P ecahanS enilai P ecahanC ampurand an Perbanding-and an Operasi pada Pecahan. Kegiatan yang dilakukan pada tahap pengembang-an bahan ajar adalah penentuan indikator pencapaian hasil belajar (IPHB) pengembangan isi pembelajaran pengembangan kegiatan belajar dan penetapan alokasi waktu pembelajaran . Dari kegiatan ini dihasilkan rancangan bahan ajar sebagai pedoman penulisanb ahana jar. Setelahm elakukanp engembanganra ncanganb ahana jar penulis menulis buku ajar yang berupa buku siswa. Bahan ajar yang ditulis dikonsultasikan kepada pembimbing dan direvisi berdasarkan saran dan masukan dari pembimbing. Selanjutnya bahan ajar yang telah direvisi ini dinilai oleh guru bidang studi matematika SLTP kelas l. Data yang diperoleh dari guru bidang studi matematika SLTP kelas I berupa data kualitatif yang berupa saran dan komentar. Data ini diperoleh dengan menggunakan angket. Dengan mempertimbangkan saran dan komentar dari guruguru pengajar penulis melakukan revisi dalam rangka penyempurnuranb ahan ajar. Penulis mengharapkan agar bahan ajar ini dapat dikembangkan lebih lanjut sehinggan antinyad apatd igunakang uru dan siswa dalamp rosesb elajarm engajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item