Pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada siswa SMP Negeri II Pujon kelas VIII / Hanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada siswa SMP Negeri II Pujon kelas VIII / Hanik

Hanik (2010) Pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada siswa SMP Negeri II Pujon kelas VIII / Hanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanik. 2009. Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa SMP Negeri II Pujon Kelas VIII. Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M.Pd (II) Dra. Tri Hapsari utami M.Pd Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Prestasi Belajar Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri II Pujon sering mengalami kekeliruan mentransfer suatu masalah terutama masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kedalam pemodelan matematika. Sehingga ketika menjumpai soal SPLDV mereka tidak tahu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Guru juga belum pernah menggunakan variasi metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru dan apa yang diajarkan bersifat prosedural tanpa upaya membangkitkan kepekaan siswa dalam belajar. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan PBL untuk melihat aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri II Pujon pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbing dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan membuat dan menyelesaikan model matematika dari suatu SPLDV adalah 77 78% sedangkan pada siklus 2 presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan membuat dan menyelesaikan model matematika dari suatu SPLDV adalah 100%. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan pendekatan PBL pada siklus I skor rata-rata 51 dan skor rata-rata pada siklus II adalah 57 25. Dalam analisis skor rata-rata tersebut bahwa aktivitas siswa termasuk kategori sangat baik. Aktivitas guru selama pembelajaran dengan pendekatan PBL pada siklus I skor rata-rata 56 5 dan skor rata-rata pada siklus II adalah 58 75. Dalam analisis skor rata-rata tersebut bahwa aktivitas guru termasuk kategori sangat baik. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Negeri II Pujon pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurangkurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan PBL dalam penelitian ini berhasil. Sehingga pembelajaran dengan pendekatan PBL yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilaksanakan sesuai tahapan PBL serta memberikan penghargaan kepada setiap aktivitas siswa yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item