Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika dalam buku teks matematika SMP / Saifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika dalam buku teks matematika SMP / Saifudin

Saifudin (2010) Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika dalam buku teks matematika SMP / Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saifudin 2009. Analisis Kesalahan Penyajian Objek-objek Matematika dalam Buku Teks Matematika SMP. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M. A. (II) Dr. I Nengah Parta M.Si. Kata kunci kesalahan objek-objek matematika buku teks. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia khususnya dalam bidang matematika pengadaan buku teks matematika sebagai sarana belajar mengajar sangatlah penting. Matematika memiliki objek kajian yang bersifat abstrak yang meliputi fakta konsep keterampilan dan prinsip. Buku teks yang dijadikan acuan dalam belajar siswa di sekolah perlu mendapatkan perhatian khusus dalam hal kebenaran penyajian objek matematikanya agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu perlu adanya pengkajian terhadap kesalahan penyajian objek-objek matematika khususnya dalam buku teks matematika SMP. Pada penelitian ini penulis mengkaji mengenai jenis-jenis kesalahan penyajian objek-objek matematika berupa fakta konsep keterampilan dan prinsip yang terdapat dalam buku teks matematika SMP serta bagaimanakah pembenahan-pembenahan kesalahan tersebut. Tujuannya untuk mendeskripsikan kesalahan penyajian objek-objek matematika dalam buku teks matematika SMP serta memberikan pembenahan berkenaan dengan penyajiannya yang salah. Buku teks yang dijadikan sebagai bahan kajian ada 6 buku. Keenam buku tersebut masing-masing diberi kode buku dengan B1 B2 B3 E1 E2 dan E3 untuk mempermudah penyebutannya. Dari hasil pengkajian ditemukan sebanyak 42 kesalahan penyajian objek-objek matematika pada keenam buku teks tersebut. Dengan rincian kesalahan penyajian fakta terdapat 15 kesalahan kesalahan penyajian konsep keterampilan dan prinsip masing-masing terdapat 9 kesalahan. Sedangkan ditinjau berdasarkan buku ditemukan 8 kesalahan penyajian objek matematika pada B1 11 kesalahan pada B2 3 kesalahan pada B3 6 kesalahan pada E1 8 kesalahan pada E2 dan 6 kesalahan pada E3. Berdasarkan hasil temuan dan pengkajian ini maka disarankan kepada guru yang ingin menggunakan buku teks ini agar memeriksa dan mencermati terlebih dahulu sajian objek-objek matematika dan membenahi kesalahan sajian objek-objek matematikanya sebelum digunakan dalam pembelajaran. Bagi siswa yang ingin mempelajari matematika hendaknya tidak hanya menggunakan satu buku saja sebagai acuan dalam belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item