Pembelajaran kooperatif tipe stad dengan media pohon matematika pada materi persamaan garis lurus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs MA'ARIF Bangil / Siti Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe stad dengan media pohon matematika pada materi persamaan garis lurus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs MA'ARIF Bangil / Siti Aisyah

Aisyah, Siti (2010) Pembelajaran kooperatif tipe stad dengan media pohon matematika pada materi persamaan garis lurus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs MA'ARIF Bangil / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah Siti. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Pohon Matematika pada Materi persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma arif Bangil. Skripsi Program Studi S1-Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Makbul Muksar S.Pd M.Si (2) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd. Kata kunci kooperatif tipe STAD media pohon matematika dan prestasi belajar. Rendahnya prestasi belajar siswa dibeberapa jenjang pendidikan salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran matematika. Paradigma mengajar di Indonesia yang cenderung teacher center learning menyebabkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Pandangan konstruktivis memberikan perbedaan yang tajam terhadap paradigma mengajar yang cenderung teacher center learning sehingga perlu dilakukan perubahan paradigma mengajar yang sesuai dengan KTSP. Pembelajaran yang sesuai dengan KTSP dan konstruktivis adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran berikut media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi terciptanya tujuan pembelajaran serta dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas maka dalam penelitian ini digunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pohon matematika. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTs Ma rif Bangil yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 15 putri dan 30 putra. Penelitian dilaksanakan mulai 17 Nopember 2009 sampai 1 Desember 2009. Hasil penelitian setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pohon matematika menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I dengan rata-rata tes siswa 47 ke siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 63. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pohon matematika yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal (1) menyampaikan tujuan pembelajaran (2) memberikan motivasi (3) apersepsi kemampuan prasyarat dan (4) membentuk kelompok kemudian tahap inti yang terdiri dari (1) diskusi kelompok dengan media pohon matematika (2) menjelaskan maksud LKS dan media pohon matematika dan (3) mengarahkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta tahap akhir yang terdiri dari (1) presentasi kelas (2) refleksi dan (3) kuis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item