Interaksi berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep persamaan garis lurus pada pembelajaran kooperative model TPS ( Think-pair-share ) kelas VIII SMP Negeri 4 SAWOO Ponorogo / Meita Popy Fradila - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep persamaan garis lurus pada pembelajaran kooperative model TPS ( Think-pair-share ) kelas VIII SMP Negeri 4 SAWOO Ponorogo / Meita Popy Fradila

Fradila, Meita Popy (2010) Interaksi berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep persamaan garis lurus pada pembelajaran kooperative model TPS ( Think-pair-share ) kelas VIII SMP Negeri 4 SAWOO Ponorogo / Meita Popy Fradila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fradila Meita Popy. 2009. Interaksi Berpikir Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep Persamaan Garis Lurus pada Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Kelas VIII SMP Negeri 4 Sawoo Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji S. Pd M. Si. (2) Drs. Slamet M.Si. Kata kunci think pair share interaksi berpikir kooperatif konstruktivisme Proses belajar merupakan pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang telah dimiliki siswa. Pengetahuan dan pengertian dikonstruksi bila seseorang terlibat secara sosial dalam dialog dan aktif dalam percobaan-percobaan dan pengalaman. Hal ini berarti dari interaksi antar siswa dalam kelompok siswa dapat mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuan mereka. Seorang guru harus mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat mengembangkan pola pikir siswa dan menjadikan belajar menjadi bermakna dimana siswa bisa mengkonstruksi konsep dengan sendirinya. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Pembelajaran model TPS sangat efektif diterapkan. Namun untuk mengoptimalkan diskusi pada kelompok perlu kajian lebih mendalam tentang proses interaksi berpikir siswa dalam diskusi. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji proses interaksi berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep persamaan garis lurus pada pembelajaran kooperatif model Think Pair Share. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Sawoo Ponorogo kelas VIIIA dengan subjek penelitian sekelompok siswa beranggotakan 4 orang dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil dari wawancara sebelum pembelajaran rekaman saat diskusi catatan lapangan selama pembelajaran serta wawancara setelah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses interaksi berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep Persamaan Garis Lurus pada pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) kelas VIII SMP Negeri 4 Sawoo Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam diskusi kelompok terjadi interaksi multiarah antar anggota kelompok dan LKS sebagai media pembelajaran. Interaksi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi cenderung aktif berdiskusi lebih banyak memberikan pengetahuan kepada temannya. Siswa berkemampuan sedang baik sedang 1 maupun sedang 2 cenderung seimbang antara menerima dan menyumbangkan pengetahuan. Sedangkan siswa berkemampuan rendah cenderung pasif dalam berdiskusi dan lebih banyak menerima pengetahuan daripada menyumbangkan pengetahuan. Selain itu siswa berkemampuan tinggi dapat memahami materi pada LKS lebih banyak dibandingkan siswa lain. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan dalam membentuk kelompok belajar sebaiknya dengan komposisi kemampuan heterogen. Dalam kegiatan diskusi hendaknya memotivasi siswa terutama siswa berkemampuan rendah untuk aktif dalam kegiatan diskusi kelompok. Selain itu penelitian ini masih terbatas pada pembelajaran kooperatif model Think Pair Share sehingga perlu diteliti lagi dengan model pembelajaran kooperatif yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item View Item