Pengembangan modul pebelajaran matematika model siklus belajar (Learning Cycle)-5E / Nurul Qomariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pebelajaran matematika model siklus belajar (Learning Cycle)-5E / Nurul Qomariyah

Qomariyah, Nurul (2010) Pengembangan modul pebelajaran matematika model siklus belajar (Learning Cycle)-5E / Nurul Qomariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qomariyah Nurul. 2009. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M. S M.Sc (2) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata kunci Modul Model Siklus Belajar (Learning Cycle)-5E Salah satu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya adalah model sikus belajar (learning cycle)-5E. Agar konstruksi pengetahuan lebih banyak dilakukan oleh siswa dan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisiensi diperlukan adanya suatu media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut. Salah satu media pembelajaran yang sesuai adalah modul. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan suatu modul yang menggunakan model siklus belajar (learning cycle)-5E. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini akan disusun suatu modul dengan model siklus belajar (learning cycle) 5E modul dengan model siklus belajar (learning cycle) 5E yang disusun dalam penelitian ini adalah modul pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas 5 SD/MI. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan modul pembelajaran matematika model siklus belajar (learning cycle)-5E pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas 5 SD/MI (2) menghasilkan modul pembelajaran matematika model siklus belajar (learning cycle)-5E pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas 5 SD/MI. Pengembangan modul ini berdasarkan langkah-langkah pengembangan yang dilakukan oleh Brog dan Gall. Dari 10 langkah diambil 3 langkah karena keterbatasan waktu dan biaya. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu perencanaan pengembangan pengembangan produk awal dan uji coba awal di lapangan. Desain validasi pengembangan modul menggunakan validasi isi. Validator terdiri dari 2 dosen matematika dan 2 guru matematika SD/MI sedangkan uji coba yang dilakukan adalah uji keberterimaan modul di mana subyek uji cobanya adalah 5 siswa kelas 5 SD/MI yang mewakili tingkat kemampuan yang berbeda-beda terdiri atas 2 siswa dengan kemampuan tinggi 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 1 siswa dengan kemampuan rendah. Jenis data yang dihasilkan dari validasi dan uji coba keberterimaan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata dan nilai persentase angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan dan saran dari validator serta hasil wawancara kelima siswa. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya suatu modul pembelajaran matematika model siklus belajar (learning cycle) 5E. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat dikemukakan adalah (1) dapat digunakan sebagai suatu alternatif pembelajaran yang inovatif. (2) pembaca yang berminat dapat mengembangkan modul lainnya dengan materi lain yang menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item