Diagnosis kesulitan belajar siswa SMA kelas X pada materi fungsi kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray serta alternatif pembelajaran remidi yang diberikan / A. Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan belajar siswa SMA kelas X pada materi fungsi kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray serta alternatif pembelajaran remidi yang diberikan / A. Nurul Hidayati

Hidayati, A. Nurul (2010) Diagnosis kesulitan belajar siswa SMA kelas X pada materi fungsi kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray serta alternatif pembelajaran remidi yang diberikan / A. Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati A.Nurul. 2009. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa SMA Kelas X pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray serta Alternatif Pembelajaran Remidi yang Diberikan. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M.Pd. (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd. M.Si. Kata kunci diagnosis kesulitan belajar two stay two stray Pembelajaran Remidi fungsi kuadrat Penelitian yang dilakukan oleh peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami konsep pada materi fungsi kuadrat serta memberikan alternatif pembelajaran remidi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa adalah (1) Mendeteksi dan menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar (2) Mencari jenis kesulitan belajar yang dialami siswa (3) mencari faktor penyebab kesulitan belajar melalui wawancara (4) Memprediksikan alternatif bantuan yang diberikan (5) melaksanakan pembelajaran remidi yang sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa. Model pembelajaran yang digunakan peneliti dalam memberikan materi fungsi kuadrat adalah model pembelajaran kooperatif two stay two stray. Model pembelajaran ini terdiri beberapa tahap yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap presentasi guru (3) tahap kegiatan kelompok (4) tahap formalisasi (5) tahap evaluasi dan penghargaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi fungsi yaitu (1) kesulitan dalam memahami konsep fungsi kuadrat (2) kesulitan dalam memahami dan menggunakan konsep prasyarat diantaranya adalah konsep fungsi dan persamaan kuadrat (3) kesulitan dalam memahami dan menggunakan prinsip yang berkaitan dengan materi fungsi kuadrat (4) kesulitan dalam memahami dan menggunakan prinsip yang berkaitan dengan meteri prasyarat yaitu kesulitan dalam prinsip cara menyatakan suatu fungsi (5) kesulitan algoritma dalam melakukan suatu perhitungan. Metode pembelajaran remidi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tanya jawab diskusi kelas serta sedikit ceramah. Ada empat bentuk pembelajaran remidi yang dilakukan pada penelitian ini yaitu (1) mengkaji ulang pembelajaran yang lalu (2) menggunakan strategi pebelajaran dan metode yang berbeda dari pembelajaran sebelumnya (3) memberikan penjelasan tambahan atau contoh (4) penugasan (tugas rumah). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian sejenis pada materi yang lain. Dan pembelajaran remidi 3 yang dilakukan hendaknya direncanakan dengan baik sehingga pembelajaran remidi yang dilakukan benar-benar dapat mengatasi kesulitan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item