Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMP kelas VIII / Lia Husnul Khatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMP kelas VIII / Lia Husnul Khatimah

Khatimah, Lia Husnul (2010) Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMP kelas VIII / Lia Husnul Khatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khatimah Lia Husnul. 2009. Analisis Kesalahan dan Perbaikan Konsep pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. (II) Dr. Subanji S.Pd M.Si. Kata Kunci kesalahan konsep buku teks Pelajaran matematika selain mempunyai sifat yang abstrak pemahaman konsep yang baik sangatlah penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan prasarat memahami konsep sebelumnya. Buku teks memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika di sekolah. Kesuksesan pembelajaran matematika di sekolah selain dipengaruhi oleh bagaimana merancang pembelajaran matematika di kelas juga oleh kualitas buku teks yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Adanya kesalahan konsep dalam buku teks mengakibatkan siswa mempunyai pemahaman konsep yang salah dan akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan maupun memahami konsep yang lebih luas. Kegiatan utama penelitian ini adalah menganalisis isi buku teks matematika SMP kelas VIII yaitu dalam hal pengungkapan konsep. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperbaiki kesalahan konsep. Analisis isi adalah cara yang digunakan untuk memeriksa isi dokumen secara objektif dan sistematis. Buku teks yang digunakan sebagai bahan analisis yaitu (1) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Erlangga (2006) Pengarang Sukino dan Wilson Simangunsong (MGS) (2) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Yrama Widya (2007) Willa Andrian Soekotjo Loedji (MB) (3) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Tiga Serangkai (2005) Pengarang Panco Sujatmiko (MK) (4) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Yudhistira (2007) Pengarang Marsigit (MQ) (5) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Esis (2007) Pengarang Tatang Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih (ME) dan (6) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Penerbit Dinas Pendidikan Kota Malang (2006) pengarang MGMP Matematika Kota Malang (MD). Kesalahan pengungkapan konsep matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan konsep pada buku teks dengan konsep yang sebenarnya. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kesalahan konsep pada buku teks matematika SMP kelas VIII yaitu MGS sebanyak 10 kesalahan MB sebanyak 12 kesalahan MK sebanyak 3 kesalahan MQ sebanyak 7 kesalahan ME sebanyak 4 kesalahan dan MD sebanyak 18 kesalahan. Kesalahan tersebut berupa (1) kesalahan mendefinisikan atau mengartikan konsep (2) kesalahan membedakan contoh dan bukan contoh (3) penggunaan ilustrasi yang tidak sesuai untuk menjelaskan konsep/definisi (4) ketidaktepatan/ketidaklengkapan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan/syarat pada definisi dan (5) penggunaan konsep yang belum dikenal atau penggunaan konsep yang tidak konsisten. Saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut. Pertama guru hendaknya mengetahui kualitas buku teks matematika yang menjadi objek pengkajian ditinjau dari penyajian konsep sehingga dapat menyusun rencana yang lebih baik terhadap pembelajaran matematika di kelas. Kedua sekolah hendaknya 6 lebih teliti dalam memilih buku teks matematika yang berstandar dan yang akan digunakan. Ketiga siswa hendak menggunakan buku teks matematika sebagai buku panduan lebih dari satu buku dan memilih buku yang berkualitas agar memperoleh konsep materi yang benar. Keempat penerbit hendaknya lebih hati-hati dalam penyusunan selanjutnya dan lebih selektif dalam menerbitkan suatu buku teks khususnya buku teks matematika. Kelima penulis buku hendaknya lebih berhati-hati dalam penyusunan dan menulis buku. Keenam pemerintah khususnya Depdiknas hendaknya lebih teliti dalam mengambil kebijakan untuk meninjau kembali isi (konsep materi) buku teks matematika yang akan beredar dan akan digunakan oleh sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item