Penerapan learning cycle dan mind mapping dalam pembelajaran persamaan kuadrat untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun / E.S. Endah Wahyuning Dyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan learning cycle dan mind mapping dalam pembelajaran persamaan kuadrat untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun / E.S. Endah Wahyuning Dyah

Dyah, E.S. Endah Wahyuning (2010) Penerapan learning cycle dan mind mapping dalam pembelajaran persamaan kuadrat untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun / E.S. Endah Wahyuning Dyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dyah E. S. Endah Wahyuning. 2009. Penerapan Learning Cycle dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata kunci learning cycle mind mapping kreativitas persamaan kuadrat Kreativitas siswa merupakan potensi yang harus dikembangkan baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan informal. Namun kenyataannya masih banyak pembelajaran matematika di kelas yang lebih menekankan pemahaman siswa dan kurang melibatkan kreativitas siswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang cenderung berorientasi pada pengembangan pemikiran analitis dengan masalah-masalah yang rutin. Untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika diperlukan pengembangan inovasi pembelajaran yaitu melalui learning cycle dan mind mapping. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan tanggal 15 Oktober sampai 11 Nopember 2009. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh berupa skor pre test data hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan learning cycle dan mind mapping data kreativitas siswa hasil tes akhir siklus atau post test catatan lapangan dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pre test dan post test 1 menunjukkan penurunan persentase tingkatan kreativitas kurang kreatif sebesar 20 59%. Peningkatan persentase tingkatan cukup kreatif sebesar 14 7% dan persentase tingkatan kreativitas kreatif sebesar 5 89%. Akan tetapi persentase tingkatan kreativitas tidak kreatif dan sangat kreatif tetap. Dari post test 1 dan post test 2 diketahui bahwa persentase tingkatan kreativitas tidak kreatif menurun 2 94% persentase tingkatan kreativitas kurang kreatif menurun 2 94% persentase tingkatan cukup kreatif menurun 5 88% dan persentase tingkatan kreativitas kreatif meningkat 11 76%. Namun persentase tingkatan kreativitas sangat kreatif tetap. Dari pre test dan post test 2 diketahui bahwa persentase tingkatan kreativitas tidak kreatif menurun 2 94% persentase tingkatan kreativitas kurang kreatif menurun 23 53% persentase tingkatan cukup kreatif meningkat 8 82% dan persentase tingkatan kreativitas kreatif meningkat 17 65%. Tetapi persentase tingkatan kreativitas sangat kreatif tetap. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa learning cycle dan mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa. Penulis menyarankan agar learning cycle dan mind mapping tidak hanya diterapkan pada pembelajaran persamaan kuadrat tetapi juga diterapkan pada pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15243

Actions (login required)

View Item View Item