Penerapan pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun segiempat kelas VII di SMP Taman Siswa (Taman Dewasa) Malang / Rini Sofiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun segiempat kelas VII di SMP Taman Siswa (Taman Dewasa) Malang / Rini Sofiyanti

Sofiyanti, Rini (2010) Penerapan pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun segiempat kelas VII di SMP Taman Siswa (Taman Dewasa) Malang / Rini Sofiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofiyanti Rini. 2009. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Segiempat Kelas VII di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Sisworo S.Pd. M.Si. Kata kunci Van Hiele hasil belajar bangun segiempat Geometri penting dikenalkan kepada siswa sejak masa anak-anak melalui lingkungannya sebagai pengetahuan awal konsep geometri. Demikian pentingnya dalam kurikulum matematika sekolah geometri menempati posisi khusus dan penting karena banyak konsep yang termuat didalamnya. Oleh karena itu dalam pembelajaran geometri sebaiknya pengetahuan dasar siswa dikembangkan secara tidak formal dilanjutkan dengan pendekatan intuitif dimana siswa melakukan pengamatan untuk menemukan konsep geometri. Namun kenyataannya jumlah siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri masih cukup banyak. Kesulitan belajar ini akan menyebabkan pemahaman yang kurang sempurna terhadap konsep-konsep geometri yang akhirnya akan menghambat proses belajar geometri selanjutnya. Salah satu faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar geometri adalah pembelajaran yang tidak memperhatikan tingkat berpikir siswa pengajar cenderung memberikan definisi siswa mencatat lalu menghafalnya. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele yang tahapannya disesuaikan dengan tahap berpikir siswa. Penelitian ini berusaha menemukan bentuk pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang kelas VII A semester genap 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang. Pendekatan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas sebab data yang terkumpul berupa data verbal dan bermanfaat untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh terdiri dari hasil tes hasil observasi dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan di setiap akhir siklus dilakukan tes. Hasil belajar siswa diukur melalui tes akhir siklus I dan siklus II. Pembelajaran yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele yang dimulai tahap 0 (visualisasi) sampai tahap 2 (abstraksi) dengan melalui fase informasi fase orientasi langsung fase penjelasan fase orientasi bebas dan fase integrasi pada sub bab materi jajargenjang persegipanjang belahketupat persegi layang-layang dan trapesium. Pembelajaran dilakukan dalam bentuk diskusi kelompok dengan menggunakan LKS dan media pembelajaran. Terdapat 4 LKS yang digunakan yaitu (1) LKS I berisi pertanyaan yang mengarahkan siswa mencapai tahap 0 dan 1 dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar jajargenjang persegipanjang belahketupat dan persegi (2) LKS II berisi pertanyaan yang mengarahkan siswa mencapai tahap 2 (3) LKS III berisi pertanyaan yang mengarahkan siswa mencapai tahap 0 dan 1 dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar layang-layang dan trapesium dan (4) LKS IV berisi pertanyaan yang mengarahkan siswa mencapai tahap 2. Dengan penerapan pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele tersebut nilai rata-rata siswa meningkat 6 6 poin hasil belajar siswa meningkat 11 9 % penilaian kegiatan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran meningkat sebesar 10 55% dan 5 5% dari siklus I ke siklus II. Dengan hasil ini penulis menyarankan kepada guru matematika untuk menggunakan pembelajaran berdasarkan tahap berpikir Van Hiele pada pembelajaran geometri karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item View Item