Rancangan pembelajaran kooperatif metode numbered heads together pada pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Blitar / Suhardiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancangan pembelajaran kooperatif metode numbered heads together pada pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Blitar / Suhardiono

Suhardiono (2010) Rancangan pembelajaran kooperatif metode numbered heads together pada pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Blitar / Suhardiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhardiono. 2008.Rancangan Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together Pada Pokok Bahasan Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rini Nurhakiki M.Pd (II) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Kata Kunci Rancangan Pembelajaran Numbered Heads Together Rancangan Pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran yang harus dikembangkan secara operasional dan rinci.Dalam pengembangan rancangan pembelajaran guru diberikan kebebasan untuk memodifikasi sesuai dengan kondisi sekolah didaerahnya.Jika metode dan rancangan pembelajaran dapat dipilih dengan tepat oleh seorang guru maka minat siswa dalam mengikuti pembelajaran akan meningkat dan secara otomatis akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penulisan ini bertujuan untuk menyusun rancangan pembelajaran kooperatif model numbered heads together pada pokok bahasan operasi aljabar untuk siswa kelas VIII. Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Spencer Kagan. Model pembelajaran ini selalu diawali dengan membagi kelas dengan beberapa kelompok dan tiap siswa dalam kelompok diberikan nomor urut sesuai banyaknya anak dalam kelompok tersebut untuk memudahkan kinerja kelompok Mengubah posisi kelompok menyusun materi mempresentasikan dan mendapat tanggapan dari kelompok lain. Rancangan pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi yang mana hasil dari validasi rancangan pembelajaran ini berupa penilaian yang diberikan oleh validator yang terdiri satu dosen matematika UM dan satu guru matematika SMP. Dari validasi tersebutlah dapat dinyatakan rancangan pembelajaran yang dihasilkan sudah valid. Setelah memperoleh hasil validasi terhadap rancangan pembelajaran tersebut untuk langkah selajutnya penulis mengujicobakan rancangan pembelajaran yang telah disusun tersebut ke lapangan. Mengetahui ABSTRACT Suhardiono. 2008. Cooperative Learning Design of Numbered Heads Together Method in the Discussion of Fractional Operation in the Form of Algebra for Eighth Grade Students. Thesis. Mathematic Department. Mathematic and Science Faculty. State University of Malang. Advisors (I) Rini Nurhakiki M.Pd (II) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Keywords Learning Design Numbered Heads Together Learning design is a very important component in the learning process that must be developed operationally. In addition it must be developed in a detail. In the development of learning design a teacher is free to modify it in accordance to the need of his school condition. If the learning method and design are chosen appropriately students interest of learning will increase that in turn will increase students achievement automatically. This research aims at arranging cooperative learning design of numbered heads together method in the discussion of fractional operation of in the form of algebra for eighth grade students. Numbered Heads Together is one of cooperative learning models which is developed by Spencer Kagan. This learning model is always initiated by dividing students in the classroom into several groups at which each student in each group will be given serial number from the total students in the group so that it will ease the performance of group change the groups position arrange materials present and is given feedback from other groups. The arranged learning design then validated in which the result of learning design validation is in the form of score given by validators consisting of a lecturer of Mathematic Department State University of Malang and a mathematic teacher of Junior High School. It is based on the validation that the learning design is considered valid. After obtaining the result of validation of learning design the researcher tries it out in the field. Approval ABSTRAK Suhardiono. 2008.Rancangan Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together Pada Pokok Bahasan Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rini Nurhakiki M.Pd (II) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Kata Kunci Rancangan Pembelajaran Numbered Heads Together Rancangan Pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran yang harus dikembangkan secara operasional dan rinci.Dalam pengembangan rancangan pembelajaran guru diberikan kebebasan untuk memodifikasi sesuai dengan kondisi sekolah didaerahnya.Jika metode dan rancangan pembelajaran dapat dipilih dengan tepat oleh seorang guru maka minat siswa dalam mengikuti pembelajaran akan meningkat dan secara otomatis akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penulisan ini bertujuan untuk menyusun rancangan pembelajaran kooperatif model numbered heads together pada pokok bahasan operasi aljabar untuk siswa kelas VIII. Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Spencer Kagan. Model pembelajaran ini selalu diawali dengan membagi kelas dengan beberapa kelompok dan tiap siswa dalam kelompok diberikan nomor urut sesuai banyaknya anak dalam kelompok tersebut untuk memudahkan kinerja kelompok Mengubah posisi kelompok menyusun materi mempresentasikan dan mendapat tanggapan dari kelompok lain. Rancangan pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi yang mana hasil dari validasi rancangan pembelajaran ini berupa penilaian yang diberikan oleh validator yang terdiri satu dosen matematika UM dan satu guru matematika SMP. Dari validasi tersebutlah dapat dinyatakan rancangan pembelajaran yang dihasilkan sudah valid. Setelah memperoleh hasil validasi terhadap rancangan pembelajaran tersebut untuk langkah selajutnya penulis mengujicobakan rancangan pembelajaran yang telah disusun tersebut ke lapangan. Mengetahui ABSTRACT Suhardiono. 2008. Cooperative Learning Design of Numbered Heads Together Method in the Discussion of Fractional Operation in the Form of Algebra for Eighth Grade Students. Thesis. Mathematic Department. Mathematic and Science Faculty. State University of Malang. Advisors (I) Rini Nurhakiki M.Pd (II) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Keywords Learning Design Numbered Heads Together Learning design is a very important component in the learning process that must be developed operationally. In addition it must be developed in a detail. In the development of learning design a teacher is free to modify it in accordance to the need of his school condition. If the learning method and design are chosen appropriately students interest of learning will increase that in turn will increase students achievement automatically. This research aims at arranging cooperative learning design of numbered heads together method in the discussion of fractional operation of in the form of algebra for eighth grade students. Numbered Heads Together is one of cooperative learning models which is developed by Spencer Kagan. This learning model is always initiated by dividing students in the classroom into several groups at which each student in each group will be given serial number from the total students in the group so that it will ease the performance of group change the groups position arrange materials present and is given feedback from other groups. The arranged learning design then validated in which the result of learning design validation is in the form of score given by validators consisting of a lecturer of Mathematic Department State University of Malang and a mathematic teacher of Junior High School. It is based on the validation that the learning design is considered valid. After obtaining the result of validation of learning design the researcher tries it out in the field. Approval

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item