Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa / Rini Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa / Rini Febriyanti

Febriyanti, Rini (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa / Rini Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriyanti Rini. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana M.Pd. (II) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci Pembelajaran kooperatif TGT motivasi belajar prestasi belajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika siswa SMA Kelas XII Bahasa Tamansiswa Malang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif TGT dan (2) bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika siswa SMA Kelas XII Bahasa Tamansiswa Malang setelah diterapkan model pembelajaran TGT . Sejalan dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan (1) motivasi belajar matematika siswa SMA Kelas XII Bahasa Tamansiswa Malang melalui penerapan model pembelajaran TGT. (2) prestasi belajar matematika siswa SMA Kelas XII Bahasa Tamansiswa Malang melalui penerapan model pembelajaran TGT. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus karena pada siklus I belum didapatkan hasil yang diharapkan oleh peneliti sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan pembelajaran yang sama yakni tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa yang berupa angket motivasi belajar dan lembar observasi dan instrumen untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa yang berupa tes. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan aspek-aspek motivasi yang meliputi kesiapan belajar di kelas semangat mendapatkan nilai terbaik kesenangan terhadap mata pelajaran matematika respon terhadap metode pembelajaran keaktifan bertanya dan berdiskusi. Pada siklus I persentase banyaknya siswa yang menunjukkan aspek motivasi belajar yang baik adalah 46 11% dimana persentase tersebut masuk dalam kriteria motivasi belajar rendah sedangkan rata-rata skor pos-tes siswa adalah 63 3 yang masuk dalam kriteria prestasi belajar sedang. Hasil tersebut belum mencapai target yang diinginkan oleh peneliti sehingga dilaksanakan siklus II. Pada siklus II hasil yang diperoleh adalah persentase banyaknya siswa yang menunjukkan aspek motivasi belajar yang baik adalah 64 44% dimana persentase tersebut masuk dalam kriteria motivasi belajar sedang. Sedangkan prestasi belajar siswa yang dicapai pada siklus II adalah 70 0 yang masuk dalam kriteria prestasi belajar tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa motivasi dan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item