Prototype media pembelajaran berbantuan komputer materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP / Ihsan Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototype media pembelajaran berbantuan komputer materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP / Ihsan Wahyudi

Wahyudi, Ihsan (2010) Prototype media pembelajaran berbantuan komputer materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP / Ihsan Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudi Ihsan. 2009. Prototype Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Himpunan untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Mimiep S Madja M.Kom (II) Dra. Susy Kuspambudi A M.Kom. Kata kunci Media pembelajaran Komputer Himpunan Dalam dunia pendidikan seperti matematika media pembelajaran diperlukan untuk mendukung pembelajaran. Dalam hal ini komputer digunakan sebagai media untuk membelajarkan materi Himpunan. Media komputer dapat menyajikan teks gambar dan animasi yang bisa membantu siswa untuk memahami konsep himpunan. Media pembelajaran ini menyajikan materi Himpunan untuk kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kompetensi Dasar yang disampaikan meliputi (1) Memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya (2) Memahami konsep himpunan bagian (3) Melakukan operasi irisan gabungan kurang (difference) dan komplemen pada himpunan (4) Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah. Media pembelajaran ini menggunakan desain frame by frame sehingga materi disajikan secara bertahap. Disamping itu format penyajian konsepnya bersifat tutorial dan drill and practice. Media ini juga menampilkan visualisasi (gambar dan animasi) untuk menambah pemahaman konsep. Hal ini bertujuan agar siswa secara bertahap dapat mengembangkan kemampuan berfikirnya serta lebih memahami konsep. Dalam pembuatan media pembelajaran ini digunakan software animasi yang berupa Macromedia Flash 8 Profesional. Berdasarkan hasil evaluasi dan analisa hasil media pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer ini disukai siswa karena memberikan tampilan yang menarik dan penyampaian materi yang mudah untuk dipahami. Selain itu guru juga merasa bahwa pembelajaran dengan menggunakan media ini bisa meningkatkan motivasi belajar siswa bukan hanya pada materi himpunan tetapi untuk materi-materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item