Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk tahun ajaran 2009/2010 / Ivalia Ari Winanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk tahun ajaran 2009/2010 / Ivalia Ari Winanda

Winanda, Ivalia Ari (2010) Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk tahun ajaran 2009/2010 / Ivalia Ari Winanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VII-C SMPN 2 Besuk menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa masih di bawah standar ketuntasan belajar minimal yaitu hanya sebesar 58 33%. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu pembelajaran think pair Share. Pembelajaran Think Pair Share merupakan metode pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu think (berpikir) pair (berpasangan) dan share (berbagi). Melalui think pair share siswa dapat mengembangkan kecakapan sosial dan merasakan adanya saling ketergantungan positif. Problem Posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan informasi yang diberikan. Kegiatan membuat masalah atau soal dapat melatih siswa untuk aktif kreatif dan dapat mengembangkan daya pikir. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMPN 2 Besuk dengan jumlah 36 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah segitiga. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk (2) mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan metode Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk (3) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk. Penerapan pembelajaran TPS diawali guru dengan memberikan LKS dan lembar problem posing. Siswa diminta berpikir secara individu kemudian berkelompok secara berpasangan untuk mengerjakan LKS dan lembar problem posing. Selanjutnya pada tahap Share siswa diminta melakukan aktivitas kunjung karya . Dari perhitungan skor tiap pertanyaan dalam angket respon diperoleh kategori untuk tiap butir pertanyaan adalah baik dan sangat baik. Dari angket tersebut dapat diketahui bahwa respon siswa sangat positif terhadap metode pembelajaran dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase hasil belajar dari 58 33% pada observasi awal meningkat menjadi 75% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item View Item