Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa MTs Surya Buana Malang / Akhmad Riyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa MTs Surya Buana Malang / Akhmad Riyadi

Riyadi, Akhmad (2010) Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa MTs Surya Buana Malang / Akhmad Riyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyadi Akhmad. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa MTs Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dra. Ety Tedjo D. C. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik prestasi belajar segi empat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) adalah salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang diperkenalkan oleh Freudenthal di Belanda pada tahun 1973. Freudenthal mengatakan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan aktivitas manusia. Ini berarti matematika harus dekat dengan anak dan relevan dengan situasi sehari-hari. Selain itu siswa harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika. Karakteristik dari PMR adalah menggunakan masalah kontekstual menggunakan model menggunakan kontribusi murid interaktivitas dan intertwining. Sedangkan prinsip utama dari PMR antara lain (1) Guided Reinvention and Progressive Mathemathizing (2) Didactatical Phenomenology (3) Self- Developed Models. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan PMR pada topik segi empat yang diajarkan di kelas VII MTs Surya Buana Malang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) menghasilkan rancangan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik pada materi segi empat 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika realistik dan 3) meningkatkan aktivitas siswa melalui pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Surya Buana Malang pada tanggal 21 Mei 2007 sampai dengan 30 Mei 2007. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pratindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan pada penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi 4) analisis data dan 5) refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika setelah mendapatkan pembelajaran segi empat dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik. Peningkatan ini dapat dilihat dari aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan skor tes siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini Pembelajaran Matematika Realistik layak dipertimbangkan sebagai alternatif pembelajaran pada topik segi empat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item