Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (numbered heads together) pada materi fungsi naik dan fungsi turun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang / Masitah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (numbered heads together) pada materi fungsi naik dan fungsi turun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang / Masitah

Masitah (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (numbered heads together) pada materi fungsi naik dan fungsi turun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang / Masitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masitah. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Head Together) pada Materi Fungsi Naik dan Fungsi Turun Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M. Pd (II) Dr. H. Makbul Muksar S. Pd M. Si. Kata Kunci penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together fungsi naik fungsi turun motivasi hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA Kertanegara Malang peneliti menemukan hal-hal sebagai berikut (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah ceramah bahkan guru tidak pernah menggunakan metode lain yang melibatkan keaktifan siswa sehingga menyebabkan siswa kurang aktif mengikuti pelajaran matematika (2) motivasi belajar siswa kurang hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan guru bahkan siswa bermain-main HP ataupun bicara tentang motor selain itu siswa malas mencatat hal ini karena rata-rata siswa hanya membawa satu atau dua buku saat sekolah dan (3) hasil belajar siswa masih kurang siswa yang tuntas belajar hanya 4 siswa dari 18 siswa dengan SKM yang ditetapkan guru adalah 60. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2009 dalam dua siklus dengan tiap siklus meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Kertanegara Malang. Prosentase motivasi belajar siswa pada akhir tindakan siklus I adalah 51 16% termasuk dalam kategori cukup dan pada tindakan siklus II adalah 68 92% termasuk dalam kategori baik. Artinya motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar matematika siswa secara klasikal pada tes akhir tindakan siklus I adalah 52 94% dan pada tindakan siklus II adalah 82 35%. Artinya hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini maka saran yang perlu dipertimbangkan oleh guru matematika adalah pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pembelajaran alternatif dalam membelajarkan matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item