Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMA kelas X / Hani' Maria - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMA kelas X / Hani' Maria

Maria, Hani (2009) Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMA kelas X / Hani' Maria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maria Hani . 2009. Analisis Kesalahan dan Perbaikan Konsep pada Buku Teks Matematika SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M. A. (II) Dr. Subanji S. Pd M. Si. Kata kunci kesalahan konsep buku teks. Matematika memiliki objek kajian yang bersifat abstrak maka buku teks memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika di sekolah. Kualitas buku teks matematika akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Adanya kesalahan konsep dalam buku teks mengakibatkan siswa mempunyai pemahaman konsep yang salah dan akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan maupun memahami konsep yang lebih luas. Kegiatan utama penelitian ini adalah menganalisis isi buku teks matematika SMA kelas X yaitu dalam hal kesalahan dan perbaikan konsep. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperbaiki kesalahan konsep. Buku teks yang digunakan sebagai bahan analisis adalah ERW ERN ERS1 ERS2 dan ERT. Kesalahan pengungkapan konsep matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan konsep pada buku teks dengan konsep yang sebenarnya. Hasil analisis ditemukan kesalahan konsep pada masing-masing buku teks yaitu ERW sebanyak 10 kesalahan ERN sebanyak 10 kesalahan ERS1 sebanyak 3 kesalahan ERS2 sebanyak 2 kesalahan dan ERT sebanyak 5 kesalahan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kesalahan konsep pada buku teks matematika SMA kelas X. Saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) Guru hendaknya tidak mengikuti sepenuhnya konsep yang disajikan dalam buku teks dan tidak hanya menggunakan satu buku sebagai bahan rujukan dalam membimbing siswa. (2) Siswa hendaknya tidak menggunakan satu buku sebagai acuan dalam belajar dan memilih buku yang berkualitas agar memperoleh konsep materi yang benar. (3) Sekolah hendaknya lebih teliti dalam memilih buku teks matematika yang akan digunakan. (4) Penulis buku teks hendaknya meneliti kembali konsep-konsep yang disajikan pada buku teks dan memperbaiki kesalahan konsep yang ada agar pembaca lebih memahami apa yang mereka pelajari. (5) Penerbit hendaknya merevisi kesalahan konsep yang ada pada buku teks dan agar lebih teliti sebelum menerbitkan buku. (6) Penelitian hendaknya ditingkatkan pada ruang lingkup yang lebih luas. Analisis tidak hanya ditinjau dari aspek konsep materi tetapi diharapkan analisis dikembangkan pada aspek yang lain. ABSTRACT Maria Hani . 2009. Analysis Errors in Concept and Correction in Mathematics Text Books for Ten Grade Senior High School. Thesis Mathematics Department Faculty of Mathematics and Natural Science. Advisor (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M. A. (II) Dr. Subanji S. Pd M. Si. Key Words errors in concept textbooks. Mathematics has abstract object of study and thus textbooks bring an important role in mathematics pedagogical process at school. Quality of mathematics textbooks will certainly influence the success of the learning process. Where there is errors in concept within textbooks students will obtain misconcepts and eventually experience difficulties in understanding or even applying to broader concepts. This study analyzes the contents of mathematics textbooks for tenth grader in terms of errors in concept and correction. The aims of this analysis are describing and correcting the errors. Textbooks used as the material are ERW ERN ERS1 ERS2 and ERT. Errors in mathematics concept explanation analyzed in the current study is misconcepts in the textbooks which are different from the real concepts. The analysis finds errors in each of the textbooks in this following amounts ERW has 10 mistakes ERN has 10 mistakes ERS1 has 3 mistakes ERS2 has 2 mistakes and ERT has 5 mistakes. Based on the analysis mathematics textbooks for ten grade of senior high school contains some mistakes. To cope with that these following suggestions can be considered. (1) Teachers should not thoroughly follow the concepts available in textbooks and should use more than one textbooks as reference in teaching students. (2) Students should use more than one different textbooks and choose textbooks whose quality is good in order to obtain correct concepts. (3) Schools should be critical in choosing mathematics textbooks used. (4) Textbook writers should re-examine the concepts given in textbooks and correct the mistakes so that readers understand the concepts deeper. (5) Publishers should revise misconcepts in textbooks and to be more accurate before publishing the books. (6) Future researchers should be improved and applied in a broader scope. Not only does analysis observe material concept it may also observe other aspects of textbooks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item View Item