Prediksi popularitas film menggunakan jaringan syaraf tiruan / Shada Intishar Nabillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Prediksi popularitas film menggunakan jaringan syaraf tiruan / Shada Intishar Nabillah

Nabillah, Shada Intishar (2020) Prediksi popularitas film menggunakan jaringan syaraf tiruan / Shada Intishar Nabillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada industri film penting bagi rumah produksi dalam membuat keputusan mengenai perilisan film-filmnya terkait dengan ketertarikan penonton terhadap film yang akan dirilis. Terdapat pola pasar yang dapat dipergunakan untuk memprediksi tingkat popularitas film dan tentunya akan membantu rumah produksi dalam menentukan apakah suatu film akan dirilis menukarnya dengan film lain atau melakukan hal-hal yang dinilai dapat meningkatkan popularitas film. Di penelitian ini untuk mempelajari pola dari film yang akan dirilis maka karakteristik seperti genre film MPAA rating rate pemain utama rate pemain pendukung dan kredibilitas sutradara akan digunakan sebagai input. Dari pembelajaran pola tersebut maka dapat dibangun model prediksi untuk mengetahui apakah suatu film akan menjadi hits average atau flop. Penelitian ini menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation di mana algoritma ini dapat mempelajari dan membangun pola hubungan dari input. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari 6 tahap yaitu pengumpulan data yang dilakukan pada situs Kaggle dan berisi data film pada situs IMDB yang dirilis tahun 2013 hingga 2019 preprocessing implementasi Jaringan Syaraf Tiruan uji coba model prediksi evaluasi performa model prediksi menggunakan RAE dan RRSE dan implementasi sistem. Hasil pengujian model prediksi menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation pada penelitian ini yaitu nilai RAE sebesar 0.6681 dan RRSE sebesar 5.7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152106

Actions (login required)

View Item View Item