Cahyono, Hustiawan Adha (2009) Penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 5 Malang / Hustiawan Adha Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyono Hustiawan Adha. 2009. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D (II) Drs. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci PMRI prestasi siswa dan penelitian tindakan kelas Penelitian ini berawal dari keadaan kelas VIII D yang tidak menyukai matematika. Berdasarkan pengamatan langsung yang dilakukan pada waktu PPL (praktek pengalaman lapangan) terlihat bahwa siswa tidak berani bertanya dan kurang motivasi dalam belajar matematika. Hal ini menyebabkan perolehan nilai siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Demikian juga berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika didapat bahwa banyak siswa yang tidak mencapai KKM pada materi kubus dan balok. Bangun kubus dan balok ini sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari sehingga diperlukan pembelajaran yang khusus yaitu PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia). Berdasarkan pengamatan tersebut perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D dengan menggunakan PMRI. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus. Pada siklus I dilakukan 5 kali tindakan sedangkan pada siklus II hanya 1 kali tindakan. Sebelum pelaksanaan siklus I diberikan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa kemudian diberikan postes setelah akhir siklus I dan siklus II. Postes ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada bangun ruang kelas VIII D di SMP Negeri 5 Malang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar pada materi bangun ruang siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretes yaitu 62 74 yang meningkat pada nilai rata-rata postes siklus I yaitu 76 18 menjadi 88 1 pada nilai rata-rata siklus II. Di samping itu juga dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan yaitu dari nilai pretes siklus I diketahui 29% siswa tuntas belajar kemudian untuk nilai postes siklus I siswa yang tuntas belajar naik menjadi 74%. Pada siklus II banyak siswa yang tuntas belajar naik lagi menjadi 97%. ABSTRACT Cahyono Hustiawan Adha. 2009. Application of Indonesia Realistic Mathematics Learning (PMRI) Approach to Increase Students Learning Achievement on 3D Concept in Class VIII D SMP Negeri 5 Malang. Thesis Departement of Mathematics Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang. Advisors (I) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D (II) Drs. Rustanto Rahardi M.Si Key words PMRI student achievement and research of class measure This research is started from the students of VIII D classroom that dislike mathematic lesson. Based on the direct observation that was doing when PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) it is shown that the student did not brave to ask and did not have quite motivation in mathematic learning. It could cause that students achievement can not reach the KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Moreover based on the result of interview with mathematic teacher it is concluded that many students can not reach the KKM on cube and cuboid topics. These cube and cuboid concept are often encountered in daily life so that it is needed a special learning such as Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Based on that observation it is needed to have a research to increase students learning achievement on 3D concept for grade VIII D at SMPN 5 Malang by using PMRI. The research is a classroom action research using 4 stages of planning action observation and reflection. In implementation this research is carried out using two cycles. There are performed five actions in cycle I and only one action in cycle II. Before the implementation it was given to determine the students prior know ledge a pretest prior knowledge and then a post test in the end of cycle I and cycle II. These post test is given to know the improvementof students learning achievement in 3D concept in grade VIII D SMP Negeri 5 Malang. Based on research results it is obtained that the students learning achievement in 3D concept grade VIII D at SMP Negeri 5 Malang is increased. This is indicated by the average value of pretest 62.74 which is increased at an average value of post test in the cycle I that is 76.18 into 88.1 in cycle II. Beside the number of students who reached the KKM is increased from 29% (pre test I) into cycle I into 74% (pos test I). In cycle II the number of students who reached the KKM is 97% (post test II).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15209 |
Actions (login required)
View Item |