Klasifikasi kecanduan pengguna instagram menggunakan naïve bayes / Devina Amalia Arindi - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi kecanduan pengguna instagram menggunakan naïve bayes / Devina Amalia Arindi

Arindi, Devina Amalia Arindi (0000) Klasifikasi kecanduan pengguna instagram menggunakan naïve bayes / Devina Amalia Arindi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang popular saat ini. Tidak hanya memberikan hiburan dan informasi media sosial ini dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Bahaya kecanduan Instagram dapat mempengaruhi perilaku psikologi pengguna maka dari itu dilakukan pengklasfikasian tingkat kecanduan pengguna Instagram untuk mengetahui tingkat kecanduan disetiap pengguna. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecanduan sosial media adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kecanduan Instagram berdasarkan faktor kontrol diri menggunakan metode Na iuml ve Bayes. Proses penelitian dimulai dengan mengumpulkan data menggunakan data kuisioner berupa skala kecanduan Instagram dan skala kontrol diri kemudian mengkategorikan skor kecanduan Instagram menjadi tinggi sedang dan rendah. Skala kontrol diri digunakan sebagai input dalam metode Naive Bayes setelah melalui pengolahan data awal. Na iuml ve Bayes dipilih karena sederhana dan mudah diterapkan. Pelatihan dan pengujian data dilakukan dengan metode 5-fold Cross Validation dengan mengukur hasil kinerja accuracy recall dan precision. Hasil pengujian menunjukkan bahwa akurasi metode Naive Bayes dalam mengklasifikasikan tingkat kecanduan Instagram sebesar 64 38% Sedangkan hasil precision dan recall terbesar terdapat pada kelas kategori sedang presentasenya yaitu 67 86% dan 91 35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152086

Actions (login required)

View Item View Item