Pengembangan modul pembelajaran bangun ruang sisi datar sumpokok bahasan prisma untuk siswa kelas VIII / Lailatul Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran bangun ruang sisi datar sumpokok bahasan prisma untuk siswa kelas VIII / Lailatul Hikmah

Hikmah, Lailatul (2010) Pengembangan modul pembelajaran bangun ruang sisi datar sumpokok bahasan prisma untuk siswa kelas VIII / Lailatul Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini pendidikan di Indonesia belum dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengubah paradigma pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered. Salah satu inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat diterapkan adalah pembelajaran dengan menggunakan modul. Pada penulisan skripsi ini pengembang mengembangkan modul pembelajaran dengan pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Materi yang dikembangkan terbatas pada subpokok bahasan prisma. Modul prisma ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yaitu kegiatan belajar 1 meliputi materi unsur-unsur prisma kegiatan belajar 2 meliputi materi jaring-jaring prisma kegiatan belajar 3 meliputi materi luas permukaan prisma dan kegiatan belajar 4 meliputi materi volume prisma. Modul yang telah dikembangkan pengembang divalidasi oleh 4 orang dua orang Dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang dan dua orang Guru Matematika SMP Negeri 3 Malang yang telah lulus sertifikasi. Validasi isi modul meliputi 3 aspek penilaian yaitu aspek materi aspek bahasa dan aspek penyajian modul. Masing-masing aspek terdiri dari beberapa kategori. Hasil validasi ini secara keseluruhan memiliki prosentase 70 31% artinya modul yang disusun cukup valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Setelah dilakukan revisi terhadap isi modul maka pengembang mengujicobakan modul kepada siswa 1 kelas VIII SMP Negeri 1 Galis. Uji coba modul hanya dilakukan sampai kegiatan belajar 1 2 dan 3 dengan asumsi bahwa hasil kegiatan belajar siswa untuk kegiatan belajar 1 2 dan 3 mewakili kegiatan belajar siswa dalam mempelajari modul secara keseluruhan. Hasil validasi empirik modul memiliki prosentase 95 12% artinya penilaian untuk kemudahan memahami isi modul sangat valid. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba modul dapat disarankan bahwa modul yang disusun oleh pengembang bisa dijadikan bahan referensi bagi para guru di SMP Negeri 1 Galis dan pembaca lainnya untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu hendaknya ada tindak lanjut untuk mengujicobakan modul Prisma bagian kegiatan belajar 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

View Item View Item