Perbedaan prestasi belajar matematika anatar siswa yang pembelajarannya dengan metode silih tanya berbantuan kartu model dan yang pembelajarannya secara konvensional di SMAN 8 Malang pada materi logaritma / Ervan Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar matematika anatar siswa yang pembelajarannya dengan metode silih tanya berbantuan kartu model dan yang pembelajarannya secara konvensional di SMAN 8 Malang pada materi logaritma / Ervan Hadi

Hadi, Ervan (2009) Perbedaan prestasi belajar matematika anatar siswa yang pembelajarannya dengan metode silih tanya berbantuan kartu model dan yang pembelajarannya secara konvensional di SMAN 8 Malang pada materi logaritma / Ervan Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan Teknologi yang sangat pesat menjadi suatu tantangan berat bagi generasi muda mendatang. Kompetisi akan semakin kuat untuk bisa eksis menghadapi tantangan dunia global. Hanya orang-orang yang kreatif yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk membentuk generasi muda yang kreatif kompetitif dan kooperatif. Sehubungan dengan membentuk generasi muda yang kreatif kompetitif dan kooperatif maka paradigma pendidikan harus berubah yang semula guru yang aktif berubah menjadi siswa yang aktif. Selama ini pembelajaran yang terjadi di Sekolah-sekolah masih banyak didominasi oleh guru. Pembelajaran ini kurang bisa membuat anak menjadi kreatif. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mencoba menerapkan pembelajaran matematika dengan metode silih tanya berbantuan kartu model. Diharapkan pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya dengan metode silih tanya berbantuan kartu model dan siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Populasi penelitian adalah kelas X SMAN 8 Malang yang terdiri dari 8 kelas. Kelas eksperimen adalah kelas X.8 yang mendapat pembelajaran dengan silih tanya sedangkan kelas kontrol adalah kelas X.7 yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Analisis uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dua ekor. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh P-Value 945 0 05. Jadi H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima. Berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dengan prestasi belajar siswa kelompok kontrol. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil aktivitas silih tanya yaitu terdapat 407 soal yang telah diajukan oleh siswa. Dari 407 tersebut 404 soal dapat diselesaikan dan 3 soal tidak dapat diselesaikan. Dari 404 soal yang dapat diselesaikan terdapat 400 soal yang kunci jawabannya benar dan 4 soal yang kunci jawabannya salah. Dari 404 soal yang dapat diselesaikan terdapat 404 soal yang penulisannya benar dan 8 soal yang penulisannya salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item