Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 5 Malang tahun ajaran 2008-2009 / Ria Suwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 5 Malang tahun ajaran 2008-2009 / Ria Suwanti

Suwanti, Ria (2009) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 5 Malang tahun ajaran 2008-2009 / Ria Suwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan globalisasi yang sangat cepat menuntut seseorang untuk beradaptasi terhadap perubahan. Sehingga siswa sekarang dituntut untuk dapat mengembangkan kreativitas lewat pola pikir kreatifnya. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satunya adalah pembelajaran dengan media pohon matematika yang merupakan gabungan dari dua pendekatan pembelajaran yaitu problem posing dan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas sebab data yang terkumpul berupa data verbal dan bermanfaat untuk memperbaiki pembelajaran di kelas terutama untuk kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajarnya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Malang kelas X.7 semester gasal tahun ajaran 2008-2009 dengan subjek penelitian adalah 37 siswa. Data diambil dari pengamatan selama pembelajaran wawancara catatan lapangan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Di setiap akhir siklus dilakukan 2 tes yaitu tes kreativitas membuat pohon matematika untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan post test untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaran media pohon matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa adalah 1) penyajian materi 2) membuat pohon matematika 3) koreksi/ evaluasi. Penyajian Materi siswa diminta mempelajari dan memahami isi handout berkaitan dengan materi yang dibahas kemudian bersama-sama dengan peneliti melakukan pembahasan. Membuat Pohon Matematika peneliti menjelaskan aturan dalam membuat pohon matematika kemudian memberikan LKS kepada siswa. LKS berupa pohon matematika dimana terdiri dari beberapa ranting yang sebagian ranting sudah terisi oleh masalah dan sebagian masih kosong. Siswa diminta menumbuhkan daun dari ranting yang sudah terisi kemudian membuat ranting/permasalahan yang masih kosong beserta menumbuhkan daunnya. Koreksi/Evaluasi peneliti meminta siswa secara berpasangan menukarkan hasil pekerjaan untuk dikoreksi apakah daun sudah sesuai dengan ranting yang dibuat. Dan apakah ranting yang dibuat merupakan permasalahan yang dibuat sendiri melihat buku kemudian memodifikasi menjiplak buku atau menncontoh teman. Dengan penerapan pembelajaran dengan media pohon matematika tersebut kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat 4.41% terdiri dari keterampilan berpikir lancar yang meningkat sebesar 13.51% dan 0.91% keterampilan berpikir orisinil meningkat 2.7% keterampilan memeperinci (elaborasi) meningkat 0.89%. Hasil belajar siswa meningkat 13.76%. Aktivitas Guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran dengan media pohon matematika meningkat sebesar 8.78% dan 3.11% pada siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item