Penerapan model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI pada pembelajaran pada pembelajaran lingkaran / Destu Arief Subegti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI pada pembelajaran pada pembelajaran lingkaran / Destu Arief Subegti

Subegti, Destu Arief (2009) Penerapan model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI pada pembelajaran pada pembelajaran lingkaran / Destu Arief Subegti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subegti Destu Arief. 2009. Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Lingkaran. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Drs. Sudirman M.Si. Kata Kunci Penerapan Problem Based Intruction (PBI) Keterampilan Berpikir Kreatif Lingkaran Siswa masih menganggap pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit. Hal ini karena siswa kurang memahami materi-materi pelajaran matematika. Akibatnya siswa kurang berpikir kreatif dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMA Negeri 5 Malang untuk materi Lingkaran adalah model Problem Based Instruction (PBI). Dalam PBI kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa melalui pemberian masalah yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis kreatif dalam memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang pada materi Lingkaran yang meliputi keterampilan berpikir lancar luwes orisinil merinci dan menilai. Pembelajarannya diawali dengan orientasi siswa pada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan Peneltitian Tindakan Kelas (PTK). Keterampilan berpikir kreatif siswa dinilai dengan menggunakan pedoman observasi keterampilan berikir kreatif siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa untuk materi Lingkaran yaitu berpikir lancar sebesar 33 60% berpikir luwes 24 60% berpikir orisinil 26 14% berpikir merinci 16 50% dan berpikir menilai 26 90%. Secara keseluruhan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang mengalami peningkatan sebesar 25 25%. Secara keseluruhan menurut klasifikasi tingkat keberhasilan keterampilan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk jenis keterampilan berpikir kreatif yang paling tinggi peningkatannya adalah keterampilan berpikir lancar yaitu sebesar 33 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBI dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. ABSTRACT Subegti Destu Arief. 2009. The Implementation of Problem Based Instruction (PBI) to Enhance Creative Thinking Skill of XI Grade Students of in Circle Subject. Thesis (Graduate Program) Mathematic Department Science Faculty State University of Malang. Advisors (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Drs. Sudirman M.Si. Keywords Impelementation Problem Based Instruction (PBI) Creative Thinking Skill Circle Students still assume that mathematic subject is a complicated matter. This is because students less understand the presented materials in math. Therefore students have a less creative thinking in solving math problems. One of learning models which can be used in the purpose of solving the problem experienced by the students of SMA Negeri 5 Malang in circle subject is Problem Based Instruction (PBI) model. In PBI model instructional activity is centered to the students through some given problems which later can lead those students to think critically creatively while solving the problems besides they can acquire the knowledge and the basic concept of the instructed materials. This research uses Problem Based Instruction (PBI) model enhance creative thinking skill of XI grade science program students of SMA Negeri 5 Malang on circle material covering about a fast flexible original elaborating and assessing the creative thinking. The learning process is started from giving the orientation towards the students about the given problem then the teacher organize those students to learn and give some advices in group discussion and ended by presenting the work result and evaluation. The research method uses qualitative approach taking Classroom Action Research. Creative Thinking Skill is measured using observation based on Creative Thinking Skill of student in the time of teaching learning activity. The research result shows that the improvements on the students creative thinking skill in circle subject are as follow fast thinking gets 33.60% flexible thinking gains 24.60% original thinking makes 26.14% elaborative thinking acquires 16.50% and assessment thinking makes 26.90% improvements. Entirely the creative thinking skill of XI Grade Science Program Students of SMA Negeri 5 Malang makes 25.25%. In the total sum based on the classification of successful grade on the students creative thinking skill it is concluded as a good category. While the highest grade of creative thinking skill improvement is fast thinking stage which takes 33.60%.. Therefore it can be concluded that the implementation of PBI model is successful to increasing creative thinking skill of students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15200

Actions (login required)

View Item View Item