Pengembangan e-modul mata pelajaran sains kelas V materi daur air dan peristiwa alam di MI Al-Azhaar Kecamatan Bandung Tulungagung / Nurin Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mata pelajaran sains kelas V materi daur air dan peristiwa alam di MI Al-Azhaar Kecamatan Bandung Tulungagung / Nurin Rahmawati

Rahmawati, Nurin (2010) Pengembangan e-modul mata pelajaran sains kelas V materi daur air dan peristiwa alam di MI Al-Azhaar Kecamatan Bandung Tulungagung / Nurin Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan E-modul Sains. Kecanggihan komputer saat ini memberikan alternatif media pembelajaran yang dapat memperlancar proses belajar mengajar di sekolah. Pemanfaatan komputer ini dalam bentuk komputer interaktif dimana e-modul yang ada saat ini masih dalam bentuk modul cetak. Berdasarkan observasi di MI Al Azhaar Bandung Tulungagung saat ini proses pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Sains masih belum menggunakan media komputer walaupun telah tersedia ruang komputer yang memadai dan siswa yang telah menguasai penggunaan komputer. Selain itu proses belajar masih belum bervariasi hanya guru menjelaskan mengerjakan latihan dan tanya jawab sehingga siswa yang berbeda-beda terabaikan. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang memanfaatkan komputer yang telah tersedia dan memperhatikan karakteristik siswa yang berbeda-beda yaitu dengan pengembangan e-modul yang di desain berbentuk komputer interaktif. Tujuan pengembangan e-modul mata pelajaran Sains kelas V untuk memberikan alternatif pembelajaran dengan proses belajar mandiri sehingga siswa dapat mengalami kemajuan belajar sesuai dengan kemampuannya serta dapat mengukur kemampuan belajar yang telah diperoleh. Agar proses pembelajaran lebih menarik variatif dan dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar mata pelajaran Sains sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Subjek uji coba dari pengembangan e-modul adalah siswa kelas VA MI Al Azhaar Kecamatan Bandung Tulungagung. Jenis data yang digunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul dengan acuan pendapat ahli media ahli materi dan audiens/siswa menggunakan angket. Sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan tes setelah belajar menggunakan e-modul. Data-data tersebut diolah untuk dianalisis diinterpretasi dan disimpulkan tingkat kevalidan dan efektivitasnya. Hasil penelitian pengembangan ini berupa CD e-modul mata pelajaran Sains kelas V materi daur air dan peristiwa alam . Berdasarkan hasil uji coba dapat dikemukakan sebagai berikut uji coba ahli media di dapat persentase 83 75% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi valid uji coba ahli materi didapat persentase 83 33% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa perseorangan didapat persentase 90% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok kecil didapat persentase 85% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi valid serta uji coba siswa lapangan (klasikal) di dapat persentase 81 98% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi valid. Sedangkan hasil belajar dibandingkan dengan SKM pada mata pelajaran Sains. Uji coba peorangan menunjukkan bahwa semua siswa berhasil memenuhi SKM uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa 1 siswa belum berhasil memenuhi SKM dan 9 siswa telah memnuhi SKM serta uji coba lapangan/klasikal menunjukkan bahwa 1 siswa belum berhasil memenuhi SKM dan 23 siswa telah berhasil memenuhi SKM. Kesimpulan pengembangan e-modul mata pelajaran Sains kelas V materi daur air dan peristiwa alam valid dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media alternatif untuk pembelajaran di sekolah dasar khususnya kelas V. Saran dari pengembang sebagai berikut (1) bagi Guru hendaknya memanfaatkan e-modul mata pelajaran Sains kelas V ini sebagai media pembelajaran namun guru juga harus memperhatikan persiapan peralatan sebelum proses pembeajaran di mulai membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat dan juga selalu membimbing siswa agar proses pembelajaran tetap lancar dan kondusif. (2) sekolah dapat dijadikan sumber belajar dan memiliki perangkat komputer yang memadai (3) siswa dengan menggunakan e-modul dapat belajar secara mandiri dengan jadwal yang dipelajari agar lebih menguasai materi (4) pengembang selanjutnya diharapkan menambahkan tayangan video dan audio untuk lebih melengkapi e-modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item