Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan pendekatan realistik pada materi keliling dan luas persegi panjang kelas VII SMP / Hasti Sukmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan pendekatan realistik pada materi keliling dan luas persegi panjang kelas VII SMP / Hasti Sukmaningrum

Sukmaningrum, Hasti (2009) Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan pendekatan realistik pada materi keliling dan luas persegi panjang kelas VII SMP / Hasti Sukmaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmaningrum Hasti. 2008. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Media Komik dengan Pendekatan Realistik pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Askury M.Pd (II) Dr. Tjang Daniel Chandra M.Si. Kata kunci Lembar Kerja Siswa Media Komik Persegi Panjang. Lembar Kerja Siswa adalah suatu komponen yang membantu siswa dalam melakukan pendekatan dari suatu masalah menuju suatu konsep. LKS merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi siswa karena LKS membantu siswa untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan LKS materi keliling dan luas persegi panjang menggunakan media komik dengan pendekatan realistik. Media komik merupakan sarana pengajaran yang di dalamnya berisi pesan atau bahan pelajaran yang berbentuk komik. Sedangkan keliling dan luas persegi panjang merupakan salah satu bahan kajian siswa SMP kelas VII semester 2. Adapun isi cerita komik dan permasalahan yang ada dalam LKS berdasarkan masalah realistik. LKS yang dikembangkan berisi materi keliling dan luas persegi panjang. Materi keliling dan luas persegi panjang ditampilkan dengan cerita komik yang menarik agar siswa lebih semangat belajar. Adapun prosedur dalam pengembangan LKS tersebut yaitu tahap analisis situasi awal tahap pengembangan LKS tahap penyusunan LKS dan tahap penilaian LKS. LKS keliling dan luas persegi panjang yang dikembangkan telah divalidasi dan diujicobakan untuk memperoleh bagian-bagian LKS yang perlu direvisi. LKS telah divalidasi oleh 2 orang dosen matematika Universitas Negeri Malang dan 2 orang guru matematika SMP. Uji coba melibatkan 10 siswa Kelas VII SMPN 1 Bangil. Hasil validasi maupun uji coba menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan adalah valid. Pengembangan LKS ini diharapkan dapat memperkaya dunia pendidikan khususnya bidang pembelajaran matematika. ABSTRACT Sukmaningrum Hasti. 2008. The Development of Student s Worksheet in Using Comics Media with Realistic Approaching in Perimeter and Area of Rectangle Material of SMP(Junior High School) Class VII. Script Mathematics Departement of Mathematics and Science Faculty of Malang State University.Advisor (I) Drs. Askury M.Pd (II) Dr. Tjang Daniel Chandra M.Si. Keywords Student s Worksheet Comics Media Rectangle. Student s Worksheet is a component to help students in approaching a problem toward a concept. Student s Worksheet (LKS) is a right learning alternative for learners because it can help them to add information about concept studied by systematic learning activity. Development activity is done to create Student s Worksheet on perimeter and area of rectangle material using comics media. The comics media is representing the place of education which in it containing the message or the lesson of materials which is form of comics. While is the perimeter and area of rectangle is representing one of the other Junior High School Student s study in class VII (seven) on second semester. As for the content of comics history and problems which is in LKS pursuant to realistic problems. The developed LKS contains of perimeter and area of rectangle material. Perimeter and area of rectangle material presented with interesting comics history to make the student s more hard study. As for procedure in LKS development is the analysis s step of the first situation the development s step of LKS the compilation s step of LKS and the assessment s step of LKS. The developed LKS on perimeter and area of rectangle has been validated and tried to obtain the parts which need to revise. The LKS has been validated by two mathematic lecturers of Malang State University and two Junior High School mathematic teachers. The tryout involved 10 students on the second class of SMPN (State Junior High School) 1 Bangil. The result of validation and tryout shows that the developed LKS is valid. This development LKS is expected to enriching the education world especially to area study of mathematics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item