Adipura, Laksamana (2019) Pengembangan 3D virtual tour menggunakan unreal engine 4 di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Laksamana Adipura. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Adipura Laksamana. 2019. Pengembangan 3D Virtual Tour Menggunakan Unreal Engine 4 di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. (II) Harits Ar Rosyid S.T. M.T. Ph.D. Kata Kunci PKKMB 3D Virtual Tour Unreal Engine 4 Sugiyono. Di Universitas Negeri Malang setiap tahun ajaran baru melaksanakan kegiatan pengenalan kampus yang dikenal dengan nama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru yang telah berhasil lulus masuk ke Perguruan Tinggi di Universitas Negeri Malang. Dalam PKKMB fakultas terdapat 3 hal pokok yang diperkenalkan terhadap mahasiswa yaitu pengenalan akademik pengenalan SDM/Dosen dan pengenalan sarana dan prasarana. Dalam pengenalan sarana dan prasarana ini terdapat beberapa aspek yang perlu diperkenalkan kepada mahasiswa baru seperti ruang kuliah ruang dosen laboratorium dan kantor administrasi yang di sampaikan dalam bentuk peta poster ataupun brosur. Ketiga cara penyampaian konvensional tersebut tentunya masih belum dapat menggambarkan sarana dan prasarana apa saja yang dimiliki serta area gedung Jurusan Teknik Elektro secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan suatu cara penyampaian baru yang dapat menutupi seluruh kekurangan tersebut. Dari permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media baru yakni dengan memanfaaatkan teknologi 3D Virtual Tour yang dibangun dengan memanfaatkan sebuah game engine Unreal Engine 4. Pengembangan 3D Virtual Tour ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menginformasikan area/gedung serta sarana dan prasana yang terdapat di Jurusan Teknik Elektro secara menarik dan inovatif kepada civitas akademik khususnya mahasiswa yang akan melaksanakan PKKMB dan memasuki lingkungan kampus yang baru. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R D menurut Sugiyono langkah-langkahnya adalah (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk dan (10) Produksi massal. Tingkat kelayakan 3D Virtual Tour yang dikembangkan memperoleh hasil validasi para ahli dan civitas akademik antara lain (1) ahli media menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan persentase 94%. (2) ahli materi menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan persentase 92%. (3) responden pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan masing-masing 84% dan 92%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa perolehan persentase minimal 84% sehingga produk yang dihasilkan dinyatakan sangat layak digunakan dengan mempertimbangkan komentar kritik dan saran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151882 |
Actions (login required)
View Item |