Implementasi pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk mengetahui motivasi belajar matemtika siswa SMA Negeri Ngoro Jombang / Imam Nurul Yakin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk mengetahui motivasi belajar matemtika siswa SMA Negeri Ngoro Jombang / Imam Nurul Yakin

Yakin, Imam Nurul (2009) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk mengetahui motivasi belajar matemtika siswa SMA Negeri Ngoro Jombang / Imam Nurul Yakin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yakin Imam Nurul. 2008. Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing untuk Mengetahui Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Ngoro Jombang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs H.M Shohibul Kahfi M.Pd (II) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci Implementasi Pembelajaran Problem Posing Motivasi belajar matematika Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri Ngoro Jombang pembelajaran matematika yang dilakukan guru masih bersifat konvensional guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Hal tersebut membuat siswa menjadi bosan dan kurang tertarik dalam belajar matematika sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Untuk mengatasi hal ini terdapat salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar matematika siswa. Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing membimbing siswa untuk mengembangkan daya nalarnya berpikir kreatif dan inovatif. Alasan inilah yang melatarbelakangi penelitian implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA1 SMA N Ngoro Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan (2) mendeskripsikan motivasi belajar matematika siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing pada pokok bahasan rumus-srmus trigonometri. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa angket motivasi dan wawancara. Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing menunjukkan bahwa motivasi siswa baik itu siswa dengan kemampuan tinggi siswa dengan kemampuan sedang ataupun siswa dengan kemampuan rendah mempunyai motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing. Soal yang telah berhasil dibuat oleh siswa selama pembelajaran sebanyak 73 soal yang semuanya (100%) merupakan pertanyaan matematika yang dapat diselesaikan. Selain itu siswa juga dapat menguasai dengan baik materi rumus-rumus trigonometri. Hal ini terlihat dari hasil test yang diberikan di akhir keseluruhan pembelajaran menunjukkan bahwa penguasaan siswa lebih dari 81 3% atau termasuk kriteria penguasaan sangat baik. Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing hendaknya dapat digunakan sebagai pertimbangan guru bidang studi matematika dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Selain itu perlu adanya variasi dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing seperti diberikan permainan saat menukarkan soal agar siswa tidak merasa bosan dan lebih termotivasi untuk membuat soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15188

Actions (login required)

View Item View Item