Analisis transaksi daya solar home system pada integrasi daya jaringan PLN / Putri Ulinnuha Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis transaksi daya solar home system pada integrasi daya jaringan PLN / Putri Ulinnuha Mukti

Mukti, Putri Ulinnuha (2020) Analisis transaksi daya solar home system pada integrasi daya jaringan PLN / Putri Ulinnuha Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang transaksi daya listrik solar home system (SHS) mengenai pengaruhnya terhadap integrasi daya pada jaringan listrik PLN. Data yang dianalisis berupa tagihan rekening bulanan pelanggan PT. PLN (Persero) Distribusi Rayon Dinoyo yang berlokasi pada tiga titik rumah pelanggan yang memasang SHS. Analisis yang dilakukan berupa seberapa besar keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan yang mengintegrasikan SHS ke jaringan PLN atas kebijakan yang diterapkan oleh PT. PLN (Persero) berupa Peraturan Direksi PT. PLN (Persero) No.0733.K/DIR/2013 tentang Pemanfaatan Energi Listrik dari Fotovoltaik oleh Pelanggan PT. PLN (Persero) dan juga terhadap peratutan terbaru mengenai implementasi pemanfaatan sistem pembangkit listrik SHS pada Permen ESDM No. 49 Tahun 2018. Analisis ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan energi alternatif terbarukan khususnya dalam pemanfaatan energi matahari mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dan memiliki potensi energi surya yang cukup tinggi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan mengenai transaksi ekspor impor daya listrik mengenai pemakaian kWh pelanggan yang mengintegrasikan SHS ke sistem jaringan PLN baik pelanggan 1 pelanggan 2 pelanggan 3 masing masing hanya mendapatkan keuntungan sebesar 14% 15% dan 24%. Sementara itu jika dibandingkan dengan perolehan keuntungan dari perkiraan radiasi matahari pada masing masing wilayah diperoleh ketiga pelanggan SHS sebenarnya mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari pada keuntungan yang mereka dapat di tahun 2018. Perolehan keuntungan yang tidak maksimal tersebut terjadi karena pengaruh dari beberapa faktor eksternal maupun internal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151866

Actions (login required)

View Item View Item