Hubungan self determination dan prestasi belajar keterampilan terhadap kemandirian mengambil keputusan karier pada siswa kompetensi keahlian titl SMK di Kota Malang / Agustin Dwi Sulistyoputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan self determination dan prestasi belajar keterampilan terhadap kemandirian mengambil keputusan karier pada siswa kompetensi keahlian titl SMK di Kota Malang / Agustin Dwi Sulistyoputri

Sulistyoputri, Agustin Dwi (2020) Hubungan self determination dan prestasi belajar keterampilan terhadap kemandirian mengambil keputusan karier pada siswa kompetensi keahlian titl SMK di Kota Malang / Agustin Dwi Sulistyoputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah menengah kejuruan mempersiapkan siswa dengan pendidikan yang berkualitas mandiri dan produktif untuk mencapai kemandirian mengambil keputusan karier berdasarkan tahapan pada perkembangan zaman. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian mengambil keputusan karier pada siswa kompetensi keahlian TITL SMK di Kota Malang yaitu self determination dan prestasi belajar keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self determination (X1) prestasi belajar keterampilan (X2) kemandirian mengambil keputusan karier (Y) (2) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan Y (3) mengungkap signifikansi dan hubungan X2 dan Y dan (4) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Metode penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian yaitu siswa kompetensi keahlian TITL SMK di Kota Malang yang telah melaksanakan prakerin sebanyak tiga sekolah berjumlah 95 siswa. Sampel penelitian menggunakan 95 siswa yang berpedoman pada teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Variabel X1 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0 738 dan 0 895. Teknik analisis menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran X1 kategori sangat tinggi sejumlah 23 responden (24 21%) kategori tinggi sejumlah 71 responden (74 74%) kategori sedang sejumlah 1 responden (1 05%) rendah sejumlah 0%) dan kategori sangat rendah responden 0%. Gambaran keseluruhan variabel X2 kategori sangat tinggi sejumlah 14 responden (14 74%) tinggi sejumlah 27 responden (26 32%) sedang sejumlah 25 responden (26 32%) rendah sejumlah 18 responden (18 95%) dan sangat rendah sejumlah 11 responden (11 57%). Gambaran keseluruhan variabel Y dengan kategori sangat tinggi sebanyak 67 responden (70 53%) tinggi sebanya 28 (29 47%) sedang 0% rendah 0% dan sangat rendah 0%. Kontribusinya terhadap kemandirian mengambil keputusan karier sumbangan relatif self determination 49 49% dan sumbangan relatif prestasi belajar keterampilan 50 41%. Kesimpulan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1 X2 dan Y dalam kategori tinggi (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y X2 dan Y dan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151865

Actions (login required)

View Item View Item