Kreativitas siswa kelas XII SMA Negeri 5 Malang dalam memecahkan masalah trigonometri / Ratna Jamilatul Luthfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreativitas siswa kelas XII SMA Negeri 5 Malang dalam memecahkan masalah trigonometri / Ratna Jamilatul Luthfiyah

Luthfiyah, Ratna Jamilatul (2009) Kreativitas siswa kelas XII SMA Negeri 5 Malang dalam memecahkan masalah trigonometri / Ratna Jamilatul Luthfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luthfiyah Ratna Jamilatul. 2008. Kraetivitas Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Malang Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Pembimbing (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si Kata kunci Kreativitas Pemecahan masalah trigonometri Salah satu materi dalam matematika yang banyak diaplikasikan dalam dunia nyata adalah materi trigonometri. Trigonometri dapat diaplikasikan pada bidang astronomi pelayaran artsitektur dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang dalam menyelesaikan masalah trigonometri diketahui bahwa dalam memecahkan suatu masalah matematika selain dibutuhkan penguasaan konsep dan strategi yang baik diperlukan juga kreativitas. Suatu kreativitas dari siswa akan mendorong banyak gagasan atau ide-ide yang dapat digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah trigonometri dapat ditumbuhkan jika siswa sering dihadapkan pada masalah trigonometri yang berbeda beda yang menantang dan bukan hanya sekedar menerapkan prosedur rutin dari konsep yang sudah ada. Selain itu kreativitas siswa juga dapat dikembangkan dengan cara meminta siswa untuk mencari cara lain selain cara yang telah digunakan oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMAN 5 Malang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa dalam memecahkan masalah trigonometri. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari hasil tes tertulis siswa dan juga observasi. Berdasarkan hasil tes tertulis siswa kelas XII IPA 3 memiliki persentase kreativitas siswa dalam memecahkan masalah trigonometri antara 23% - 53%. Siswa yang memiliki tingkat kreativitas siswa dalam memecahkan masalah trigonometri dengan tingkatan sedang yaitu pada persentase 31% - 70% sebanyak 26 siswa atau sebesar 83% dari 30 siswa yang mengikuti tes. Sedangkan siswa yang memiliki kreativitas dalam memecahkan trigonometri dengan tingkatan rendah yaitu pada persentase 0% - 30% sebanyak 4 siswa atau sebesar 13% dari 30 siswa yang mengikuti tes. Tidak ada satu siswa pun yang memiliki kreativitas dengan kriteria tinggi. Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah trigonometri dalam penelitian ini hanya dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang telah ditentukan berdasarkan pada petunjuk pengerjaan soal. Pada penelitian selanjutnya diharapkan peneliti lain dapat mengembangkan penelitian yang serupa namun pengumpulan datanya tidak hanya sampai pada tes tertulis tetapi juga sampai pada wawancara proses berfikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

View Item View Item