perencanaan penerangan jalan umum tenaga surya di desa tunggorono jombang / muhammad fikri abdul jalil - Repositori Universitas Negeri Malang

perencanaan penerangan jalan umum tenaga surya di desa tunggorono jombang / muhammad fikri abdul jalil

Jalil, Muhammad Fikri Abdul Jalil (2021) perencanaan penerangan jalan umum tenaga surya di desa tunggorono jombang / muhammad fikri abdul jalil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerangan jalan umum berperan penting dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan para pengguna jalan dari aksi kriminalitas dan juga memberikan keindahan bagi lingkungan jalan itu sendiri. Namun saat ini di sebagian besar ruas jalan di desa Tunggorono belum tersedia lampu penerangan jalan umum lampu penerangan jalan konvensional (sumber PLN) hanya terdapat di beberapa titik pada sebagian ruas jalan dan sebagian besar penerangan yang ada merupakan lampu milik rumah-rumah penduduk yang lebih berfungsi sebagai penerangan rumah pribadi alih-alih sebagai penerangan jalan umum. Dengan mempertimbangkan faktor keselamatan pengguna jalan dan keamanan lingkungan sekitar maka perlu direncanakan penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan di desa Tunggorono. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan sistem Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di desa Tunggorono secara perhitungan dengan memperhatikan standar SNI 7391 2008 serta standar perencanaan PLTS. Adapun tahapan penelitiannya yaitu studi literatur penggumpulan data perencanaan sistem lampu jalan perencanaan sistem sel surya analisis biaya investasi dan bagian terakhir adalah mengambil kesimpulan serta memberikan saran. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan di sepanjang ruas jalan desa Tunggorono diperlukan 60 tiang PJUTS dengan tiap tiang berjarak 40m dan tinggi tiap tiang 6m. Rinciannya adalah 14 PJUTS lengan ganda dipasang di tengah median jalan pada ruas 1 dan 46 PJUTS lengan tunggal dipasang di sisi kanan/kiri jalan pada ruas 2 3 dan 4. Pada PJUTS lengan tunggal terdiri dari sebuah lampu LED DC 20W sebuah panel surya polycrystalline 100Wp sebuah baterai VRLA Gel 55Ah dan sebuah SCC MPPT 10A. Sedangkan pada PJUTS lengan ganda terdiri dari 2 buah lampu LED DC 20W sebuah panel surya polycrystalline 160Wp 2 buah baterai VRLA Gel 55Ah dan sebuah SCC MPPT 20A. Pemilihan lampu LED DC karena lebih efisien energi sehingga tidak terlalu membebani sistem terutama baterai dan bersesuaian dengan listrik DC dari panel surya sehingga tidak memerlukan inverter. Adapun biaya investasi awal untuk pengadaan komponen sistem PJUTS adalah sebesar Rp341.425.000 00. Kemudian biaya operasional dan pemeliharaan selama masa proyek 20 tahun yaitu sebesar Rp18.921.932 00 serta biaya pergantian komponen lampu dan baterai sebesar Rp353.350.000 00. Kemudian biaya siklus hidup selama masa proyek 20 tahun yaitu sebesar Rp713.696.932 00. Selanjutnya hasil perhitungan biaya energi PJUTS yaitu sebesar Rp1.396 77/kWh sehingga masih lebih murah 3 32% berbanding dengan biaya energi PLN sebesar Rp1.444 70/kWh. Dan perhitungan kelayakan investasinya dengan metode NPV PI dan PP didapatkan hasil bahwa PJUTS yang direncanakan di desa Tunggorono Jombang ini layak untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151855

Actions (login required)

View Item View Item