Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Malang / Nuraini Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Malang / Nuraini Hidayah

Hidayah, Nuraini (2009) Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Malang / Nuraini Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran problem posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan informasi yang diberikan. Kegiatan membuat masalah atau soal dapat melatih siswa untuk aktif kreatif dan dapat mengembangkan daya pikir. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem posing untuk melihat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 2 SMA Islam Malang pada materi lingkaran. Tujuan dari penelitian ini (1) mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkaran (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep lingkaran siswa kelas XI IPA 2 SMA Islam Malang melalui model problem posing. Pembelajaran matematika pada materi lingkaran melalui tiga tahap (1) tahap awal guru mengawali pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi prasyarat mengenai teorema Pythagoras yang berhubungan dengan materi lingkaran (2) tahap inti guru memberikan lembar kerja yang terdiri dari uraian materi dan lembar problem posing. Siswa diminta membuat masalah dari informasi yang berbeda dari contoh yang telah diberikan guru sebelumnya secara berkelompok. Kemudian hasil kerja siswa ditampilkan di depan kelas untuk didiskusikan dan guru memandu jalannya diskusi. (3) tahap akhir guru bersama-sama siswa menyimpulkan ide matematika dari keseluruhan kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan penelitian untuk aspek pemahaman konsep banyaknya siswa yang tuntas pada sub pokok bahasan persamaan lingkaran yang berpusat di O(0 0) dan berjari-jari adalah 77 42% sedangkan pada sub pokok bahasan persamaan lingkaran yang berpusat di P(p q) dan berjari-jari adalah 83 9%. Penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan sebesar 6 48% untuk pemahaman konsep (latihan) dan peningkatan 3 18% untuk aktivitas siswa selama pembelajaran atau aktivitas siswa selama diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem posing dapat dijadikan alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item