Proses interaksi berpikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya materi persamaan kuadrat kelas SMAN 7 Malang / Ria Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses interaksi berpikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya materi persamaan kuadrat kelas SMAN 7 Malang / Ria Amalia

Amalia, Ria (2009) Proses interaksi berpikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya materi persamaan kuadrat kelas SMAN 7 Malang / Ria Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi tantangan generasi mendatang lebih berat dibandingkan dengan generasi terdahulu. Sehingga generasi muda harus dibekali ilmu dan keterampilan hidup yang sesuai dengan tantangan ke depan. Salah satu pembekalan yang strategis adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. Proses pembelajaran sangat berkaitan erat dengan pembentukan dan penggunaan kemampuan berpikir. Dalam pembelajaran terjadi suatu rangkaian interaksi antara siswa guru dan materi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dimana siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan guru membantu siswa untuk memaknai mencari kejelasan serta membuat kesimpulan. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan keterampilan hidup untuk kreatif kompetitif dan kooperatif serta dilakukan secara terpadu adalah pembelajaran kooperatif metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Karena itu dalam penelitian ini akan dikaji proses interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Malang dengan subjek penelitian adalah 4 siswa dari kelas X-2 yang memiliki kemampuan yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil dari wawancara sebelum pembelajaran catatan lapangan saat pembelajaran dan wawancara setelah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses interaksi berpikir yang terjadi antar siswa pada proses pembelajaran kooperatif silih tanya yang membahas tentang persamaan kuadrat berupa mencari akar-akar persamaan kuadrat jenis akar jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam diskusi kelompok terjadi interaksi multiarah antar anggota kelompok dengan kartu model sebagai media pembelajaran. Interaksi dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi berperan sebagai sumber dalam diskusi siswa berkemampuan sedang berperan sebagai penyeimbang sedangkan siswa berkemampuan rendah cenderung sebagai penerima saja. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan bahwa guru hendaknya selalu mendorong siswa berkemampuan rendah untuk senantiasa turut aktif dalam diskusi kelompok sehingga ia tidak hanya berperan sebagai penerima saja. Selain itu subjek dalam penelitian ini masih terbatas pada 1 siswa bekemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah perlu diteliti lagi dengan mengambil komposisi subjek yang berbeda. -------------------------------------------------------------------------------- In the globalization era the challenge faced by the up coming generation will be heavier than the former. Therefore the young generation must be bestowed with knowledge and life skill based on the future challenge. One of the strategic give bestowals comes from learning process at school. Learning process has a tight relationship with the shaping and use of thinking ability. In learning there are some series of interaction between student teacher and material in order to achieve learning goal student constructs their own knowledge and teacher helps student to interpret look for explanation and make a conclusion. One of learning process which can deliver knowledge and skill to live in creative competitive and cooperative model and done simultaneously is cooperative learning method using inquiry turn model between students supported by model card. The research result shows that in group discussion it occurs a multi-direction interaction between group s members with card model as the instructional media. The interaction in this research also shows that a high ability student acts as the resource information on that discussion an average ability student acts as the balancer and the low ability student tends to act as the receiver only. Based on the research result we suggest that teacher suppose always motivate those low ability student to keep active in group discussion so that they will not act as information receivers only. Besides the subject on this research is limited to only one high ability student two average students and one low ability student. Therefore it needs a further research to have a different subject composition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item