Evaluasi sistem proteksi kebakaran pada asrama perguruan tinggi kota malang / Adyas Setyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi sistem proteksi kebakaran pada asrama perguruan tinggi kota malang / Adyas Setyadi

Setyadi, Adyas Setyadi (2021) Evaluasi sistem proteksi kebakaran pada asrama perguruan tinggi kota malang / Adyas Setyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan pemenuhan fasilitas bangunan asrama pada perguruan tinggi di Kota Malang juga seharusnya diiringi dengan peningkatan pada aspek keselamatan. Salah satu aspek keselamatan yang harus dipenuhi adalah sistem proteksi kebakaran. Pada bangunan berlantai lebih dari tiga penanganan kebakaran yang lebih sulit dan terbatas membuat sistem proteksi kebakaran perlu diterapkan secara lebih efektif dan efisien. Gedung Asrama merupakan salah satu dari gedung berlantai lebih dari tiga di Perguruan Tinggi Kota Malang. Gedung asrama memerlukan sistem proteksi kebakaran karena dipergunakan sebagai sarana tempat tinggal mahasiswa pemilihan gedung asrama tersebut sebagai objek dikarenakan aktivitas penghuninya yang dapat berpotensi menimbulkan kebakaran seperti perlatan masak dan penggunaan listrik secara berlebihan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keandalan sistem proteksi kebakaran pada bangunan asrama perguruan tinggi di Kota Malang. Bangunan asrama meliputi Asrama Dahlia Universitas Negeri Malang Rusunawa Griya Kerthabumi Universitas Brawijaya dan Asrama Sang Surya II Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti menjabarkan tingkat kesesuaian kondisi eksisiting sistem proteksi kebakaran dengan peraturan-peraturan yang berlaku kemudian hasil tersebut dievaluasi dengan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai keandalan sistem keselamatan bangunan (NKSKB) pada gedung asrama perguruan tinggi di Kota Malang dengan nilai sebesar 71 96 atau masuk dalam ketegori ldquo Cukup Andal rdquo . Adapun rekomendasi yang diberikan yaitu untuk melengkapi sub-variabel sistem proteksi kebakaran yang tidak tersedia serta dilakukannya perawatan dan perbaikan secara berkala terhadap sub-variabel yang sudah tersedia pada bangunan asrama perguruan tinggi di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151823

Actions (login required)

View Item View Item