Studi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konsep pokok bahasan limit fungsi triogonometri pada siswa kelas XII IPA SMAN 5 Malang / Hasan Basri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konsep pokok bahasan limit fungsi triogonometri pada siswa kelas XII IPA SMAN 5 Malang / Hasan Basri

Basri, Hasan (2009) Studi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konsep pokok bahasan limit fungsi triogonometri pada siswa kelas XII IPA SMAN 5 Malang / Hasan Basri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limit fungsi merupakan bagian dari mata pelajaran matematika yang diberikan pada siswa SMA kelas XII. Pokok bahasan ini merupakan pokok bahasan yang belum pernah diajarkan di tingkat pendidikan sebelumnya (SD maupun SLTP). Akan tetapi pengetahuan prasyaratnya yaitu fungsi sudah dimiliki oleh siswa. Berdasarkan pengalaman penulis selama melaksanakan PPL di SMAN 5 Malang sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan pada saat mengerjakan limit fungsi aljabar namun siswa mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal pemahaman konsep limit fungsi trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian adalah kelas XII IPA 2 SMAN 5 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep limit fungsi trigonometri (2) mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari hasil tes tertulis siswa. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal-soal tersebut baik menggunakan metode subtitusi pemfaktoran maupun perkalian dengan akar sekawan. Siswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konsep limit fungsi trigonometri cukup baik namun masih banyak melakukan kesalahan dalam memfaktoran menentukan maupun mengalikan bentuk akar sekawan sedangkan siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal tersebut masih kurang hal ini terlihat dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa selain itu sebagian siswa pada kelompok ini tidak menjawab pertanyaan pada soal. Ada dua bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan-kesalahan siswa yang didiskripsikan pada penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam memberikan pembelajaran yang lebih baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item