Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas segiempat dengan pendekatan experiencing untuk siswa SMP kelas VII / Deny Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas segiempat dengan pendekatan experiencing untuk siswa SMP kelas VII / Deny Nur Azizah

Azizah, Deny Nur (2009) Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas segiempat dengan pendekatan experiencing untuk siswa SMP kelas VII / Deny Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul adalah suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan modul siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan tehnik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Dengan adanya modul siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi keliling dan luas segiempat merupakan salah satu materi siswa SMP kelas VII semester II. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan modul ini adalah experiencing. Pendekatan experiencing (mengalami) adalah pendekatan dimana siswa menemukan sendiri rumus dan menghubungkan pengalaman-pengalaman sebelumnya serta benda-benda disekitarnya dengan materi pelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan telah diujicoba sebagai pijakan untuk melakukan revisi modul. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap. Uji coba modul tahap pertama melibatkan subyek coba yaitu tiga dosen matematika Universitas Negeri Malang dan dua guru matematika Sekolah Menengah Pertama. Uji coba modul tahap kedua melibatkan subyek coba yang terdiri dari lima siswa SMP. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid. Kelebihan dari modul yang dikembangkan dengan pendekatan experiencing yaitu (1) siswa lebih paham dalam menemukan rumus keliling dan luas segiempat (2) siswa dapat menghubungkan pengalaman sebelumnya dengan materi pelajaran dan (3) siswa mengetahui hubungan benda-benda sekitar dengan materi pelajaran. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu (1) pengembangan modul ini hanya terbatas pada materi keliling dan luas segiempat oleh karena itu diharapkan ada tindak lanjut pengembangan modul untuk materi yang lain (2) disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan modul ini kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas agar dapat diketahui tingkat keefektifannya (3) diharapkan guru Sekolah Menengah Pertama mencoba menggunakan produk pengembangan modul ini dalam pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan (4) guru dapat mengembangkan modul ini sesuai dengan kondisi sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15179

Actions (login required)

View Item View Item