Penggunaan alat peraga garis bilangan dari rel tirai pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas V SDN Bumiayu III Malang / Elisabeth Sofa Matriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan alat peraga garis bilangan dari rel tirai pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas V SDN Bumiayu III Malang / Elisabeth Sofa Matriana

Matriana, Elisabeth Sofa (2010) Penggunaan alat peraga garis bilangan dari rel tirai pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas V SDN Bumiayu III Malang / Elisabeth Sofa Matriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Matriana Elisabeth Sofa. 2008. Penggunaan Alat Peraga Garis Bilangan dari Rel Tirai pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas V SDN Bumiayu III Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. dan (II) Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Alat Peraga penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penggunaan alat peraga garis bilangan dalam pembelajaran matematika mempunyai peran penting sebab dengan menggunakan alat peraga siswa lebih tertarik untuk mempelajari matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Bumiayu III Malang karena pemahaman siswa kurang dalam pembelajaran matematika tentang konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga garis bilangan dari rel tirai. Pada penelitian ini diambil 4 orang siswa sebagai subjek penelitian yang difokuskan dalam kelompok I untuk diwawancarai. Keempat siswa ini diambil berdasarkan tes awal yang telah dilakukan dengan 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini terdiri dari dua pembelajaran yaitu Pembelajaran I materi penjumlahan bilangan bulat dan Pembelajaran II materi pengurangan bilangan bulat. Penggunaan alat peraga garis bilangan dari rel tirai dilakukan secara kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga garis bilangan dari rel tirai dapat membantu siswa kelas V dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Siswa sangat senang belajar matematika dengan menggunakan alat peraga garis bilangan dari rel tirai. Skor persentasi hasil observasi kegiatan siswa Pembelajaran I adalah 94 29% taraf keberhasilan sangat baik dan skor persentasi Pembelajaran II adalah 95 71% dan taraf keberhasilan juga sangat baik. Walaupun demikian penelitian ini tidak selalu lancar ada beberapa kendala yang dihadapi oleh peneliti. Namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi oleh peneliti dengan membantu siswa dalam pembelajaran. Keterbatasan kemampuan peneliti dan belum sempurna hasil penelitian ini maka disarankan kepada peneliti berikutnya untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang alat peraga yang dapat digunakan untuk pembelajaran pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item