Analisis kesalahan siswa kelas X SMK PGRI 3 Blitar dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat dan bilangan irasional untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Nono Eko Siswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas X SMK PGRI 3 Blitar dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat dan bilangan irasional untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Nono Eko Siswanto

Siswanto, Nono Eko (2010) Analisis kesalahan siswa kelas X SMK PGRI 3 Blitar dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat dan bilangan irasional untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Nono Eko Siswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswanto Nono Eko. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Blitar dalam Menyelesaikan Soal-soal Bilangan Berpangkat untuk Mengetahui Kesulitan Belajar Siswa pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009. Sripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M. Pd (II) Drs. Susiswo M.Si Kata kunci Analisis kesalahan Menyelesaikan soal-soal Kesulitan Belajar Matematika memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika bukanlah termasuk bidang studi yang mudah bagi kebanyakan siswa hal ini menunjukkan siswa masih mengalami kesulitan-kesulitan dalam belajar matematika. Kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari matematika terlihat dari banyaknya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan matematika. Kesalahan-kesalahan siswa bisa berupa salah dalam menyampaikan konsep matematika ataupun kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa perlu adanya analisis untuk mengetahui kesalahan apa saja yang banyak dilakukan oleh siswa dan mengapa kesalahan tersebut dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa penyebab siswa melakukan kesalahan dan kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X PJ2 SMK PGRI 3 Blitar. Tes tertulis diberikan pada 46 siswa jawaban siswa yang salah dikelompokkan ke dalam kesalahan yang sama kemudian kesalahan tersebut diklasifikasikan ke dalam bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih salah satu siswa pada setiap jenis kesalahan untuk diwawancari. Dari wawancara tersebut dapat diketahui penyebab kesalahan siswa dan kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa yaitu kesalahan siswa dalam memahami sifat pembagian bilangan berpangkat kesalahan siswa dalam memahami sifat bilangan irasional kesalahan siswa dalam memahami operasi hitung bilangan irasional kesalahan siswa dalam memahami bilangan berpangkat nol (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu kesalahan siswa tidak melanjutkan proses penyelesaian kesalahan siswa dalam mencermati dan memahami perintah soal kesalahan siswa menuliskan soal dalam proses penyelesaian kesalahan siswa dalam menulis soal kembali kesalahan siswa dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan kesalahan siswa dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan kesalahan siswa dalam mengubah bilangan bulat menjadi bilangan berpangkat kesalahan siswa dalam mengubah bilangan berpangkat menjadi bilangan bulat kesalahan siswa tidak mengerjakan soal (3) faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu siswa tidak memahami sifat pembagian bilangan berpangkat siswa tidak memahami sifat bilangan irasional siswa tidak memahami operasi hitung bilangan irasional siswa tidak dapat merasionalkan penyebut bilangan irasional siswa kurang memahami definisi bilangan berpangkat nol siswa kurang terampil dalam operasi hitung bilangan siswa kurang teliti siswa bingung siswa salah membaca perintah soal siswa belum bisa membagi waktu dengan baik dalam pengerjaan (4) kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu siswa kesulitan dalam memahami sifat pembagian bilangan berpangkat kesulitan dalam memahami sifat bilangan irasional kesulitan dalam merasionalkan penyebut bilangan irasional kesulitan dalam menjumlahkan mengurangi mengalikan bilangan yang melibatkan bilangan negatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) guru benar-benar memastikan materi prasyarat telah dikuasai oleh siswa sehingga dapat digunakan modal dasar pada materi selanjutnya 2) guru diharapkan memberikan perhatian lebih pada siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan cara mengoptimalkan konstruksi pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15174

Actions (login required)

View Item View Item